Waspadai 4 Penyakit yang Sering Muncul Saat Musim Hujan

- 26 Februari 2020, 14:51 WIB
ILUSTRASI. Seorang anak yang terjangkit DBD diperiksa petugas medis Puskesmas Limbangan.* /AEP HENDY S/KP/

PIKIRAN RAKYAT - Indonesia kini tengah berada di pergantian musim penghujan. Musim yang kerap kali ditunggu-tunggu setelah kemarau panjang ini nyatanya cukup memberikan banyak dampak bagi masyarakat apabila sebelumnya tidak melakukan persiapan untuk menjalani hari-hari di musim hujan.

Awal pergantian tahun bahkan menimbulkan banjir berkepanjangan bagi beberapa kota di Indonesia. Selain menghambat kegiatan sehari-hari seperti sekolah dan bekerja, banjir juga kerap kali menimbulkan berbagai penyakit dikarenakan akses masyarakat terhadap air bersih cukup sulit.

Bukan hanya itu, pergantian cuaca secara ekstrem hampr setiap harinya membuat masyarakat yang memiliki daya tahan tubuh rendah mudah terserang penyakit.

Dari berbagai kondisi yang ada, dikutip oleh Pikiranrakyat-depok.com dari situs resmi Kementerian Kesehatan Indonesia, berikut rangkuman berbagai penyakit yang biasa timbul di musim hujan yang tentunya harus dihindari.

Baca Juga: Simak 31 Daftar Lengkap Negara yang Positif Virus Corona 

Demam Berdarah Dengue (DBD)

Musim hujan menjadi momen bagi nyamuk Aedes Aygepty untuk berkembang biak. Hal ini disebabkan banyaknya genangan air bekas hujan dan juga tumpukan sampah yang menjadi tempat favorit bagi induk nyamuk.

Demi menghindari diri dari penyakit DBD yang dapat menimbulkan kematian, Anda harus mulai peduli dengan program Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN). Sarang nyamuk ini dapat diberantas dengn 3M yakni menguras tempat penampungan air, menutup penampungan air, dan mendaur ulang barang bekas.

Tubuh Anda juga harus mendapatkan banyak nuntrisi agar kebal terhadap virus dengue penyebab penyakit demam berdarah. Daya tahan tubuh tinggi akan membuat tubuh Anda memiliki antibodi. Anda dapat mengonsumsi buah-buahan yang memiliki banyak kandungan vitamin C agar daya tahan tubuh menjadi tinggi.

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X