Berisiko Terinfeksi Virus Corona, Cara Berikut Dapat Kurangi Kebiasaan Menyentuh Wajah

- 26 Maret 2020, 21:26 WIB
Ilustrasi memegang wajah.* /Pexels/

PIKIRAN RAKYAT - Menyentuh wajah secara rutin dapat meningkatkan risiko terinfeksi virus corona. Karena ketika menyentuh wajah, virus dapat masuk melalui mata, hidung, atau mulut.

Kita semua melakukannya, kita menyentuh wajah berkali-kali ketika hidung gatal, mata lelah, dan menyeka mulut dengan punggung tangan tanpa berpikir dua kali.

Penelitian menemukan bahwa seseorang dapat menyentuh wajah mereka lebih dari 16 kali dalam satu jam.

Dikutip Pikiranrakyat.depok.com dari Healthline, seorang psikolog klinis di Huntley, Zachary Sikora memaparkan tips untuk menghindari menyentuh wajah selama wabah virus corona.

Baca Juga: Depok Konfirmasi Kasus Kematian Pertama Akibat Virus Corona 

"Buat tanganmu sibuk. Jika Anda berada di rumah menonton TV, cobalah melipat pakaian, memilih surat, atau memegang sesuatu di tangan Anda," katanya.

Dia juga merekomendasikan penggunaan pembersih tangan beraroma atau sabun tangan beraroma untuk membantu mengingatkan diri sendiri agar menjauhkan tangan dari wajah Anda.

Jika Anda sedang rapat atau duduk di kelas, ia merekomendasikan untuk mengikat jari-jari Anda dan meletakkannya di pangkuan.

Selain itu, dia juga mengatakan bahwa mengenakan sarung tangan juga dapat menjadi pengingat agar Anda tidak menyentuh wajah Anda.

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: healthline


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X