Obat Kumur Disebut Dapat Lindungi Diri dari Covid-19, Begini Penjelasan Peneliti

- 15 Mei 2020, 14:02 WIB
ILUSTRASI obat kumur.*

PIKIRAN RAKYAT - Menurut sebuah laporan baru mengatakan bahwa obat kumur memiliki potensi untuk melindungi terhadap infeksi Covid-19 dengan membunuh virus corona sebelum dapat menginfeksi sel manusia.

Virus corona termasuk dalam kelas "virus yang terbungkus", yang berarti mereka ditutupi oleh lapisan lemak yang rentan terhadap bahan kimia tertentu.

Dilansir Daily Mail oleh Pikiranrakyat-Depok.com, Jumat 15 Mei 2020, sebuah tim peneliti internasional mengatakan obat kumur dapat menghancurkan lapisan terluar atau "amplop" virus untuk mencegah replikasi di mulut dan tenggorokan.

Baca Juga: Jadwal Imsak dan Azan Magrib DKI Jakarta dan Sekitarnya Hari Ini Jumat, 15 Mei 2020 

Para ilmuwan mengatakan ada kebutuhan mendesak untuk menguji efektivitas obat kumur dalam percobaan, meskipun saat ini tidak ada bukti klinis bahwa obat itu akan berhasil.

World Health Organization (WHO) mengatakan: "Beberapa merek obat kumur dapat menghilangkan mikroba tertentu selama beberapa menit dalam air liur di mulut Anda. Namun, tidak berarti mereka melindungi Anda dari infeksi virus corona."

Penulis penelitian tidak mengatakan bahwa obat kumur yang tersedia secara komersial saat ini mencegah Covid-19, tetapi penelitian lebih lanjut mengenai bahan kimia obat kumur dapat bermanfaat.

Baca Juga: Resmikan Dua Alat Tes Covid-19 Unpad-ITB, Ridwan Kamil: Rapid Test 2.0 Miliki Akurasi Lebih Tinggi 

Penulis studi, yang dipimpin oleh Universitas Cardiff, Wales mengatakan bilasan oral adalah "area yang belum diteliti dari kebutuhan klinis utama".

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: Daily Mail


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X