Jauh Lebih Ampuh Tangkal Corona, Penggunaan Face Shield Direkomendasikan Dibanding Masker

- 16 Mei 2020, 13:39 WIB
ILUSTRASI penggunaan face shield.*

PIKIRAN RAKYAT – Face shield atau pelindung wajah merupakan salah satu alat pelindung diri yang biasa digunakan para tenaga medis selain masker, handscoon, dan hazmat saat menangani pasien infeksi virus corona.

Namun kini, sebagian masyarakat mulai menggunakan face shield saat beraktivitas di tempat dengan tingkat risiko penyebaran virus yang cukup tinggi untuk melindungi area wajah dari droplet orang lain.

Dikutip Pikiranrakyat-depok.com dari Perhimpunan Dokter Paru Indonesia, sejumlah pakar kesehatan ternyata merekomendasikan penggunaan face shield bagi masyarakat umum saat beraktivitas di luar rumah yang memungkinkan berinteraksi dengan banyak orang.

Selain itu seorang dokter ahli epidemiologi sekaligus spesialis di bidang penyakit menular Michael Edmond dan Daniel Diekema yang bekerja di salah satu rumah sakit di Lowa juga mengatakan face shield ternyata menjadi solusi terbaik untuk melindungi diri dari penularan virus corona.

Baca Juga: Diancam Trump, Tiongkok Desak AS Tetap Lanjutkan Kerja Sama demi Menjaga Perdamaian Dunia 

Bahkan menurut Michael dan Daniel, face shiled jauh lebih efektif penggunaannya dibandingkan dengan masker sebagai alat penangkal virus.

Face shield mampu memberikan perlindungan tambahan yang menyeluruh pada wajah sedangkan masker hanya melindungi area mulut dan hidung saja.

Selain melindungi titik utama penularan virus corona, face shield juga membantu mencegah seseorang menyentuh area wajah yang sangat rentan tertular dari permukaan tangan yang sudah banyak memegang barang asing yang bisa dilakukan tanpa disadari.

“Yang paling penting face shield bisa tahan lama dan bisa dibersihkan setelah digunakan. Sehingga face shield ini bisa digunakan berulang kali dan lebih nyaman untuk dipakai,” tutur Michael.

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X