Peneliti Ingatkan Bahaya Hand Sanitizer yang Dapat Picu Ledakan, Salah Satunya Disimpan di Mobil

- 26 Mei 2020, 20:49 WIB
NEW normal, pemerintah mulai memperbolehkan kantor-kantor beroperasi kembali dengan protokol kesehatan yang sudah ditentukan seperti menyediakan hand sanitizer dan tempat cuci tangan.* PIXABAY

PIKIRAN RAKYAT – Sejak masa pandemi datang, cairan pembersih tangan atau hand sanitizer menjadi barang wajib yang harus dimiliki terutama jika hendak bepergian keluar rumah. Begitupun nanti saat pemberlakuan new normal.

Namun kandungan utama hand sanitizer yang berasal dari alkohol sering menimbulkan pertanyaan terkait keamanannya jika digunakan di tempat-tempat tertentu yang dekat dengan sumber api.

Menurut seorang spesialis di bidang kesehatan masyarakat bernama Profesor Victor Hoe, hand sanitizer ternyata bisa berbahaya bagi tubuh jika penggunaannya tidak sesuai anjuran dan rekomendasi yang sudah dimuat dalam kemasannya.

Baca Juga: Kaesang Pangarep Dikabarkan Mampu Tangani Corona Jika Maju Jadi Gubernur DKI Jakarta, Simak Faktanya 

Hoe mengatakan hand sanitizer tidak akan berbahaya jika digunakan semestinya untuk membersihkan tangan karena alkohol yang dikandungnya akan cepat menguap hanya dalam beberapa saat saja.

Tetapi lain halnya jika menggunakan hand sanitizer di dekat sumber api seperti misalnya dapur. Ada hal-hal yang harus diperhatikan agar tidak memicu terjadinya insiden berbahaya.

Hoe menyebut saat berada di dekat sumber api kemudian ingin menggunakan hand sanitizer maka tangan harus terlebih dahulu dalam kondisi kering untuk meminimalisir risiko tangan terbakar oleh cairan tersebut.

“Jika hendak menggunakan hand sanitizer saat berada di sekitar sumber api, ambil tisu untuk mengeringkan tangan terlebih dahulu,” tutur Hoe sebagaimana dikutip Pikiranrakyat-depok.com dari World of Buzz.

Baca Juga: Perawat Akui Pintu Dikunci, Wawancara Siti Fadilah dan Deddy Corbuzier di RSPAD Langgar Prosedur 

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: World Of Buzz


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X