Beri Ketenangan, Pelukan Ibu Faktanya Pengaruhi Perkembangan Psikis si Buah Hati

- 6 Agustus 2020, 17:49 WIB
Ilustrasi pelukan ibu kepada anak selain memberikan ketenangan, aktivitas itu juga bisa memengaruhi perkembangan psikis anak. /AdinaVoicu/Pixabay/AdinaVoicu

PR DEPOK - Psikolog dari Biro Psikologi Metafora Purwokerto, Jawa Tengah, Ketty Murtini mengatakan bahwa pelukan dan sentuhan ibu mampu mempengaruhi perkembangan psikis anak.

"Sentuhan dan kedekatan ibu dan anak sangat berpengaruh pada perkembangan psikis anak terutama dari sisi emosi," katanya seperti dikutip Pikiranrakyat-depok.com dari Antara, Kamis, 6 Agustus 2020.

Menurutnya, anak-anak yang sejak dini banyak mendapatkan stimulasi sentuhan akan lebih optimal dalam perkembangan emosi si buah hati.

"Biasanya anak-anak akan lebih mudah mengelola emosinya dalam perkembangan kehidupan selanjutnya atau kehidupan saat tumbuh dewasa," kata Ketty.

Baca Juga: Insentif Rp2,4 Juta Akan Ditransfer Pemerintah kepada Pekerja Berupah di Bawah Rp5 Juta 

Dengan begitu, lanjut dia, stimulasi sentuhan kepada anak sebaiknya dilakukan saat masa menyusui karena akan lebih optimal.

"Diharapkan dengan kegiatan tersebut, tumbuh kembang anak akan terpengaruh dengan baik terutama perkembangan psikis anak," ujarnya.

Dia menambahkan bahwa, pemberian air susu ibu (ASI) eksklusif juga tidak hanya dapat berdampak positif bagi anak melainkan juga bagi ibu.

"Dari sisi ibu dengan adanya sentuhan yang intensif dengan anak serta pemberian ASI akan memicu produksi hormon-hormon baik yang dapat mempengaruhi emosi ibu," ujarnya.

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: ANTARA


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X