Niat dan Tata Cara Sholat Taubat, Catat Bacaannya!

- 3 April 2024, 21:45 WIB
Tata cara melaksanakan sholat taubat.
Tata cara melaksanakan sholat taubat. /RODNAE Productions/Pexels

PR DEPOK - Berikut ini akan dimuat bacaan niat dan tata cara sholat taubat yang bisa Umat Muslim kerjakan. Sholatnya mudah dikerjakan karena lengkap dengan tulisan arab latin, arti dan waktu pelaksanaannya.

Dengan begitu, tidak ada alasan lagi untuk seorang Muslim menunda kegiatan pertaubatan atau taubat. Karena sebagai manusia yang senantiasa bertaubat itu menjadi bentuk yang perlu dilakukan atas segala kesalahan dan pernyataan menyesal baik untuk dosa-dosa yang kecil apalagi besar yang telah dilakukan.

Adapun bentuk taubat yang semestinya dilakukan Umat Muslim kepada Allah SWT atas menebus kesalahan, apalagi ini bulan Ramadhan, tempat pintu pertaubatan dibuka.

Baca Juga: Mantap Banget! Inilah 10 Bubur Ayam di Jakarta Selatan Paling Enak dan Juara

Maka selain dengan cara tidak mengulangi dosa-dosa yang dilakukan, tidak melakukan apa-apa yang dilarang dan menjalankan segala perintahnya, cara selanjutnya adalah mengerjakan sholat taubat.

Sholat taubat dapat dilakukan kapan saja, namun waktu yang paling utama untuk pelaksanaan ibadah ini adalah pada sepertiga malam terakhir.

Akan tetapi bisa juga setelah sholat Isya, atau di hari-hari penuh berkah seperti bulan Ramadhan sekarang.

Dikutip dari rumah-yatim.org, tata cara sholat taubat sebenarnya sama seperti sholat sunah lainnya yaitu dengan membaca niat sholat taubat, berikutnya mengangkat dua tangan sambil melafalkan takbir (takbiratul ihram), langkah-langkah selanjutnya adalah membaca doa iftitah (sunah), membaca surah Al-fatihah, dan membaca surah pendek Alquran.

Baca Juga: 2 Hari Lagi Ditutup! Inilah Tempat Penukaran Uang Baru di Yogyakarta yang Masih Ada Kuotanya

Halaman:

Editor: Dini Novianti Rahayu


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x