Khawatir Lonjakan Kasus Covid-1 9 Saat Liburan, Italia Berlakukan Lockdown di Seluruh Negara Bagian

- 20 Desember 2020, 09:02 WIB
Bendera Italia./ /

PR DEPOK - Karantina wilayah (lockdown) akan diberlakukan di seluruh bagian negara Italia pada sebagian besar masa liburan Natal dan Tahun Baru 2021.

Hal itu dikatakan oleh Perdana Menteri Giuseppe Conte pada Jumat, 18 Desember 2020 bersamaan dengan upaya pemerintah mencegah lonjakan baru kasus virus corona.

Pengumuman itu mengakhiri hari-hari penuh keraguan dan perselisihan di dalam koalisi yang terbagi antara mereka yang menginginkan penutupan total dan mereka yang mendesak tindakan yang lebih terbatas untuk membantu usaha-usaha yang kesulitan dan untuk memungkinkan beberapa reuni keluarga.

Baca Juga: Gunakan Filter HEPA, MTI: Penularan Covid-19 di Pesawat Sangat Sedikit

"Situasinya sulit di seluruh Eropa. Virus terus beredar di mana-mana," kata Conte kepada wartawan seperti dikutip Pikiranrakyat-depok.com dari Reuters.

"Para pakar kami sangat khawatir akan ada lonjakan kasus selama Natal, Karena itu kami harus bertindak, tetapi saya dapat meyakinkan Anda bahwa ini bukanlah keputusan yang mudah," ujar Conte menambahkan.

Di bawah aturan baru, toko-toko non-esensial akan ditutup pada 24 hingga 27 Desember, 31 Desember hingga 3 Januari, dan 5-6 Januari.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Kian Melonjak, Tito Karnavian Canangkan Diperbaruinya Protokol Kesehatan Jadi 4M

Pada hari-hari tersebut, masyarakat Italia hanya diperbolehkan bepergian dengan alasan pekerjaan, kesehatan, atau darurat.

Namun, kunjungan terbatas akan diizinkan, misalnya untuk menengok orang tua lanjut usia yang tinggal sendirian.

Halaman:

Editor: Billy Mulya Putra

Sumber: Reuters


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X