Beli Lukisan Rp6,5 triliun, Putra Mahkota Arab Saudi Tertipu Lukisan Palsu yang Dikira Karya Da Vinci

- 20 April 2021, 17:37 WIB
Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman (kiri) dan lukisan Salvator Mundi (kanan) yang dipercaya dibuat oleh Leonardo da Vinci.*
Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman (kiri) dan lukisan Salvator Mundi (kanan) yang dipercaya dibuat oleh Leonardo da Vinci.* //Thevocket//

PR DEPOK – Pada November 2017, sebuah lelang selama 20 menit terjadi di rumah lelang Christie untuk mempertaruhkan mahakarya yang dipercaya dibuat oleh Leonardo da Vinci.

Mahakarya yang diperebutkan tersebut merupakan sebuah lukisan Leonardo da Vinci bertajuk Salvator Mundi atau Juruselamat Dunia.

Lukisan yang pernah dijuluki sebagai Mona Lisa jantan ini, nyatanya turut menjadi perhatian orang-orang kaya dari seluruh dunia.

Baca Juga: Jangan Ketinggalan! Bulog Jual Daging Sapi Beku Rp80.000 per Kg di Jakarta Guna Stabilkan Harga Daging

Sejumlah jutawan dan museum asal China, Amerika, Qatar, Rusia, hingga Arab Saudi saling berlomba menawarkan harga untuk lukisan Salvator Mundi dalam lelang tersebut.

Sehari sebelum lelang dibuka, rumah lelang Christie memperkirakan lukisan Salvator Mundi akan terjual seharga 100 juta dollar AS atau sekira Rp1,4 triliun.

Namun, tanpa disangka lukisan tersebut justru dibeli dengan harga yang lebih mahal, yakni 450 juta dollar AS atau sekira Rp6,5 triliun.

Baca Juga: Soal Isu Reshuffle Kabinet, Moeldoko: Jawabannya Satu, Reshuffle yang Tahu Hanya Presiden, Titik

Orang yang membeli lukisan Salvator Mundi dengan harga tersebut yakni Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman.

Halaman:

Editor: Muhamad Gilang Priyatna

Sumber: The Vocket


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X