Waspadai Paket Barang Made in Tiongkok Bisa Tularkan Virus Corona, Cek Faktanya

- 21 Februari 2020, 13:29 WIB
ADA kekhawatiran yang beredar bahwa virus corona bisa ditularkan via paket yang dikirim dari Tiongkok.* AFP

PIKIRAN RAKYAT - Wabah Virus Corona telah menyebar ke sejumlah negara. Virus ini pertama kali dilaporkan muncul di Wuhan, Hubei, Tiongkok pada Desember 2019.

Sejumlah dugaan muncul, terkait asal usul virus yang menyerang sistem pernapasan ini. Ada sejumlah pihak yang menyebut bahwa virus berasal dari pasar hewan di Wuhan.

Bertambahnya jumlah korban terinfeksi dan meninggal dunia akibat virus corona semakin meningkatkan kekhawatiran masyarakat. Apalagi virus corona ini sudah menyebar ke beberapa negara di luar Tiongkok.

World Health Organization (WHO) menyatakan bahwa virus corona menjadi ancaman serius bagi dunia.

Baca Juga: Pemeran 'Anak Langit' Aulia Farhan Positif Gunakan Metafetamin, Kenali Bahayanya untuk Kesehatan 

Kondisi ini tidak hanya membuat masyarakat meningkatkan kewaspadaan dengan menggunakan masker. Tetapi, beberapa orang juga mengkhawatirkan ketika menerima paket kiriman dari Tiongkok.

Sebuah akun Facebook mengunggah foto dengan keterangan yang mengklaim Virus Corona dapat menular lewat barang yang diantar dari Tiongkok, dalam unggahan tersebut juga memperingatkan tidak membeli barang lewat aplikasi Lazada dan Shopee untuk sementara. Adapun narasi dalam postingan tersebut sebagai berikut.

"Kepada semua rakyat Malaysia diminta hentikan pembelian online seperti Lazada, Shopee, dan lain-lain platform terutama yang berasal dari negara Tiongkok buat sementara waktu ini.

"Dirisaukan virus corona dapat merebak melalui sentuhan terhadap barang yang diantar dari Tiongkok, sebarkan maklumat ini kepada semua penjual dan pembeli online," tulisnya.

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X