WHO Setujui Dua Pengobatan Baru untuk Covid-19, Salah Satunya Obat Arthritis

- 14 Januari 2022, 21:00 WIB
Ilustrasi obat untuk menyembuhkan Covid-19 yang direkomendasikan WHO.
Ilustrasi obat untuk menyembuhkan Covid-19 yang direkomendasikan WHO. /Karonlina Grabowska/Pexels

PR DEPOK - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyetujui dua pengobatan Covid-19 baru pada Jumat, 14 Januari 2022.

Pengobatan Covid-19 baru tersebut telah mengembankan usaha lain berbarengan dengan vaksin untuk mencegah penyaki parah dan kematian akibat Covid-19.

Berita itu muncul ketika kasus Omicron memenuhi rumah sakit di seluruh dunia, di mana WHO memperkirakan setengah dari Eropa akan terinfeksi Covid-19 Omicron tersebut pada bulan Maret.

Baca Juga: Rayyanza Alami Benjolan Kecil di Kulit, Nagita Slavina Ingin Bawa Sang Anak ke Dokter Kulit

Dalam rekomendasi mereka di British Medical Journal the BMJ, para ahli WHO mengatakan obat arthritis baricitinib yang digunakan dengan kortikosteroid untuk merawat pasien Covid-19 yang parah atau kritis, menyebabkan tingkat kelangsungan hidup yang lebih baik dan mengurangi kebutuhan akan ventilator.

Para ahli juga merekomendasikan pengobatan antibodi sintetis Sotrovimab untuk orang dengan Covid-19 yang tidak serius dengan risiko rawat inap tertinggi, seperti orang tua, orang dengan defisiensi imun, atau penyakit kronis seperti diabetes.

Manfaat Sotrovimab untuk orang yang tidak berisiko dirawat di rumah sakit dianggap tidak signifikan dan WHO mengatakan efektivitasnya terhadap varian baru seperti Omicron 'masih belum pasti'.

Baca Juga: Penjahat di Singapura Menyerahkan Diri ke Polisi Usai Kabur selama 14 Tahun, Simak Alasannya

Hanya tiga pengobatan lain untuk Covid-19 yang mendapat persetujuan WHO, dimulai dengan kortikosteroid untuk pasien sakit parah pada September 2020.

Halaman:

Editor: Nur Annisa

Sumber: AFP


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network