Ilmuwan Polandia Temukan Gen yang Meningkatkan Risiko Meninggal akibat Covid-19

- 14 Januari 2022, 21:15 WIB
Ilustrasi Covid-19. Kunci Jawaban PJOK Kelas 5 SD Halaman 194: Ada Beberapa Macam Penyakit Menular. Sebutkan Lima...
Ilustrasi Covid-19. Kunci Jawaban PJOK Kelas 5 SD Halaman 194: Ada Beberapa Macam Penyakit Menular. Sebutkan Lima... /Pexels/Edward Jenner

PR DEPOK - Ilmuwan di Polandia telah menemukan gen yang menurut mereka dapat meningkatkan risiko sakit parah, bahkan meninggal akibat Covid-19

Kementerian Kesehatan di Warsawa mengharapkan penemuan soal gen ini dapat membantu mengidentifikasi orang-orang yang paling berisiko terkena Covid-19.

Diketahui, sampai saat ini Covid-19 telah menewaskan lebih dari 100.000 orang hanya di Polandia.

Baca Juga: Akui Takut usai Viral Gegara Adegan It's My Dream di Layangan Putus, Putri Marino: Deg-degan tapi Syukurlah

Kementerian Kesehatan juga berencana untuk memasukkan tes gen atau genetik ketika menyaring pasien untuk potensi infeksi Covid-19 segera setelah akhir Juni.

Penelitian dari Universitas Kedokteran Bialystok memperkirakan bahwa gen tersebut dapat hadir di sekitar 14% populasi Polandia, dibandingkan dengan sekitar 9% di Eropa dan 27% di India.

Ini adalah faktor terpenting keempat yang menentukan tingkat keparahan penyakit setelah usia, berat badan dan jenis kelamin, katanya.

"Tes genetik dapat membantu mengidentifikasi orang yang, jika terjadi infeksi, mungkin berisiko terkena penyakit akut, bahkan sebelum infeksi berkembang," kata Marcin Moniuszko, profesor yang bertanggung jawab atas penelitian tersebut.

Baca Juga: Bagaimana Efektivitas Kombinasi Booster Vaksin Covid-19 di Indonesia? Begini Penjelasannya

Halaman:

Editor: Nur Annisa

Sumber: Bloomberg NDTV


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network