Kunci Sukses Korea Selatan Tangani Virus Corona, Tidak Hanya Andalkan Rapid Test Tetapi Kerja Sama Apik Tenaga Medis Hingga Masyarakat

- 21 Maret 2020, 11:16 WIB
KLINIK Drive Thru di Korea Selatan untuk memeriksakan virus corona di negara tersebut.*

PIKIRAN RAKYAT – Korea Selatan masuk dalam 5 negara dengan dampak terbesar akibat penyebaran virus corona beberapa waktu lalu setelah menyebar masif dari Kota Daegu.

Namun kini Korea Selatan telah berhasil menekan angka penularan virus dengan jumlah yang signifikan.

Jumlah kasus pasien positif terinfeksi virus corona pada Maret 2020 ini berkurang drastis dibandingkan bulan Februari lalu. Meski kini, jumlah pasien di Korea Selatan mencapai 8.799 kasus dengan 102 kematian. 

Dikutip Pikiranrakyat-depok.com dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana, penanganan kasus infeksi virus corona di Korea Selatan mengundang apresiasi dunia internasional dan para pakar kesehatan dunia.

Baca Juga: Imam Masjid Istiqlal: Jaga Jarak 2 Meter Jika Tetap Laksanakan Salah Berjamaah 

Kunci sukses penanganan di Korea Selatan fokus terhadap sejumlah upaya memaksimalkan bidang kesehatan, informasi publik, hingga keterlibatan masyarakat secara aktif.

Dalam bidang kesehatan, Pemerintah Korea Selatan memastikan kesiapan tenang medis terlebih dahulu.

Kemudian mengerahkan para tenaga medis tersebut untuk menutup kekurangan personel di Kota Daegu dan seluruh penjuru di Provinsi Gyeongsang Utara yang menjadi episentrum penyebaran virus corona di negara tersebut.

Personel tambahan tersebut berasal dari kota dan provinsi lain dengan tingkat risiko penyebaran yang tergolong rendah.
Kebijakan untuk melibatkan para dokter dan perawat juga terbukti sangat membantu penanganan terhadap lonjakan kasus virus corona di Korea Selatan.

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X