Ragam Fasilitas Karantina Virus Corona di Asia, dari Hotel Mewah hingga Kamp Kumuh

- 2 April 2020, 09:38 WIB
Singapura. /Pixabay

PIKIRAN RAKYAT - Maret 2020 dicatat sebagai bulan di mana Virus Corona atau COVID-19 benar-benar mulai menyebar hampir di seluruh dunia, sayangnya lonjakan kasus di berbagai negara belum juga dapat dibendung.

Oleh karena itu, sejumlah negara baik dari benua Eropa, Amerika, bahkan Asia ramai-ramai menjemput dan memulangkan warganya ke masing-masing negaranya.

Protokol pandemi virus corona salah satunya melakukan karantina selama 14 hari setelah datang maupun pergi dari luar negeri, hampir semua negara menerapkan hal ini supaya tidak ada kasus penyebaran COVID-19 yang lebih banyak di negara mereka.

Baca Juga: Daftar Mall di Depok yang Tutup Sementara untuk Cegah Penyebaran Virus Corona

Terhitung hingga April, Indonesia sediri telah memfasilitasi karantina terkait virus corona kepada warga negaranya yang baru datang dari luar negeri.

Pertama pada WNI dari Wuhan, Tiongkok yang dikarantina di Pulau Natuna, Kedua pada ABK Kapal Diamond Princess dan World Dream di Pulau Sebaru, dan ketiga masih dijadwalkan untuk TKI dari Malaysia yang akan dikarantina di RSD Pulau Galang.

Layaknya Indonesia, berbagai negara di Asia juga memiliki fasilitas karantina mulai dari hotel, hingga sebuah kamp untuk menampung warganya.

Baca Juga: Soal Pembebasan Narapidana, Koruptor dan Terorisme Tidak akan Dibebaskan

Dikutip Pikiranrakyat-depok.com dari Reuters, Singapura sebagai salah satu negara yang kerap dipuji oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) terkait penanganannya terhadap virus corona memberikan fasilitas karantina gratis bagi warganya yang datang dari Amerika Serikat dan Inggris.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio saat meninjau hotel Accor.*
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio saat meninjau hotel Accor.*

Halaman:

Editor: Billy Mulya Putra

Sumber: Reuters


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X