Foto Menakjubkan Puncak Himalaya yang Diabadikan dari Luar Angkasa

- 4 April 2020, 22:10 WIB
FOTO Gunung Kangchenjunga di dataran Himalaya yang diambil dari luar angkasa sebelum Matahari benar-benar tenggelam.*

PIKIRAN RAKYAT - Salah satu gunung yang berada di Puncak Himalaya, Gunung Kangchenjunga merupakan gunung tertinggi ketiga di Bumi. Berada 8.500 meter di atas permukaan laut atau lebih dari 28.000 kaki.

Namun, bila dilihat dari ruang angkasa, luas puncak yang menjulang tinggi itu hampir hilang dan hanya tersisa seperti kumpulan awan.

Foto Gunung Kangchenjunga yang melintasi perbatasan India dan Nepal berhasil diabadikan oleh awak pesawat di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada bulan Desember.

Foto tersebut juga menunjukkan bentuk Himalaya ketika Matahari terbenam, beberapa saat sebelum malam menyelimuti secara penuh Puncak Himalaya.

Baca Juga: Jumlah Korban Corona di New York Hampir Samai Korban Serangan Menara WTC 9/11 

Dikutip PikiranRakyat-Depok.com dari situs Science Alert, pada Sabtu, 4 April 2020, berdasarkan ketinggiannya, Kangchenjunga merupakan salah satu dari delapan ribu gunung terpilih karena hanya 14 gunung di Bumi yang tingginya lebih dari 8.000 meter.

Di antara Puncak Himalaya, Kangchenjunga adalah salah satu gunung tetinggi kedua di dataran tersebut, yang lebih rendah 300 meter dari Gunung Everest yang terletak sekitar 120 kilometer dari Kangchenjunga ke arah barat.

Kedua Puncak Himalaya itu pertama kali dibuka untuk jalur pendakian pada tahun 1950-an, meski Kangchenjunga tidak menjadi puncak favorit para pendaki, namun puncak tersebut masih menjadi pilihan.

Meski tidak seramai Everest yang mencapai ribuan pendaki dalam satu tahunnya.

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: Science Alert


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

PRFM News

PSBB Jabar Diperpanjang

28 Mei 2020, 19:39 WIB
X