7.000 Orang Diduga Terinfeksi Corona di Korut, Kim Jong Un Malah Gencar Tembakkan Rudal

- 13 April 2020, 09:43 WIB
TENTARA Korea Utara.*
TENTARA Korea Utara.* /Pixabay/

PIKIRAN RAKYAT - Saat negara-negara di dunia sibuk berjuang melawan pandemi virus corona atau COVID-19, Korea Utara justru makin gencar melakukan uji coba rudal balistik.

Dikutip Pikiranrakyat-depok.com dari Asia Nikkei, Korea Utara telah melakukan uji coba rudal balistik jarak pendek pada 2 Maret, 9 Maret, 21 Maret, dan 29 Maret.

Dalam satu momen uji coba, Kim Jong Un akan menembakkan rudal dua kali atau bahkan lebih. Semua rudal itu akan mendarat di laut Jepang.

Pada analis kemudian berusaha mencari tahu apa alasan dibalik aktivitas rudal Korea Utara padahal negara tersebut juga menjadi salah satu negara dengan status siaga tinggi COVID-19.

Baca Juga: BERITA BAIK, 206 Warga Jabodetabek Dinyatakan Sembuh dari Virus Corona 

Menurut laporan dari media yang dikelola oleh Pemerintah Korea Utara, ada sekitar 7.000 orang yang diduga terinfeksi virus corona atau COVID-19 di Provinsi Pyeongannam, Pyeonganbuk, dan Gangwo.

Satu bulan sejak Tiongkok mengonfirmasi kasus pertama virus corona, perbatasan Tiongkok-Korea Utara ditutup.

Padahal, 90 persen perdagangan eksternal Korea Utara bergantung pada Tiongkok. Penutupan itu tentu saja memberikan pukulan besar bagi perekonomian negara itu.

Kerusuhan sosial akibat wabah virus corona bisa saja mengguncang rezim Kim Jong Un, yang tengah mengendalikan 1,2 juta orang anggota militer.

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: Asia Nikkei


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x