Bertemu dengan Menteri Luar Negeri Taliban, Utusan AS untuk Afghanistan Tekankan Hak dan Kebebasan Perempuan

- 22 Mei 2022, 07:46 WIB
Utusan AS untuk Afghanistan bertemu dengan Menteri Luar Negeri Taliban dan membicarakan hak serta kebebasan perempuan.
Utusan AS untuk Afghanistan bertemu dengan Menteri Luar Negeri Taliban dan membicarakan hak serta kebebasan perempuan. / Reuters/Ali Khara/

PR DEPOK – Utusan khusus AS untuk Afghanistan bertemu dengan penjabat menteri luar negeri Taliban di ibu kota Qatar, Doha.

Dalam pertemuan tersebut, utusan khusus AS untuk Afghanistan menekankan penentangan internasional terkait pengekangan Taliban terhadap wanita dan anak perempuan.

“Anak perempuan harus kembali bersekolah, perempuan bebas bergerak dan bekerja tanpa pembatasan untuk kemajuan hubungan yang normal,” kata Perwakilan Khusus AS di Afghanistan Thomas West.

Sejak kembali berkuasa Agustus lalu, Taliban telah memberlakukan banyak pembatasan pada masyarakat sipil.

Baca Juga: Jadwal Acara Trans TV Minggu, 22 Mei 2022: Saksikan Masak-Masak dan Tak Kenal Maka Taaruf

Pembatasan itu, dikutip PikiranRakyat-Depok.com dari Al Jazeera, dinilai banyak yang berfokus pada mengekang hak-hak wanita dan anak perempuan, yang mengingatkan pada aturan terakhir Taliban di 1990-an silam.

Sekolah perempuan belum dibuka, lebih dari delapan bulan sejak Taliban berkuasa.

Kelompok itu bersikeras bahwa mereka ingin anak perempuan kembali ke sekolah, tetapi membenarkan penundaan dengan alasan mulai dari infrastruktur hingga kurangnya sumber daya karena krisis ekonomi.

Ketika Taliban mengambil alih kekuasaan pada Agustus, kelompok bersenjata itu berjanji untuk menegakkan hak-hak anak perempuan dan wanita. Tetapi tindakannya sejak itu telah mengkhawatirkan masyarakat internasional.

Halaman:

Editor: Linda Agnesia

Sumber: Al Jazeera


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

x