34 Tahun Disimpan, Dokumen Rahasia Chernobyl Akhirnya Dirilis untuk Pertama Kalinya

- 30 Juni 2020, 12:58 WIB
Pada 26 April 1986, sebuah reaktor pembangkit listrik tenaga nuklir Uni Soviet meledak dan menjadi tragedi kecelakaan nuklir terbesar sepanjang masa AFP-Getty Image

PR DEPOK - Dokumen rahasia yang dibuat oleh pejabat Uni Soviet yang menguraikan bagaimana bencana nuklir Chernobyl telah dirilis untuk pertama kalinya.

Dikutip Pikiranrakyat-depok.com dari Daily Star Selasa, 30 Juni 2020 pemerintah Ukraina akhirnya merilis dokumen tersebut ke publik setelah lebih dari 34 tahun sejak bencana nuklir terburuk sepanjang sejarah dunia itu terjadi.

Setelah reaktor 4 Chernobyl meledak pada 26 April 1986, ribuan orang meninggal terpapar radiasi nuklir yang mematikan.

Baca Juga: William Wongso Berikan Ilmu Rendang ke Gordon Ramsay Jadi Perbedatan Warganet

Bahkan hingga saat ini, reaktor tersebut masih aktif dan setidaknya mempengaruhi kelahiran bayi dan bisa memicu kanker tertentu di Ukraina dan Belarus.

Dokumen yang diterbitkan dalam sebuah buku yang disunting oleh dinas rahasia Ukraina,  Security Service of Ukraine (SBU), berisi ikhtisar dari sejumlah kesalahan konstruksi, kecelakaan, dan gangguan darurat di pabrik pada saat pembukaannya antara tahun 1971 hingga 1986.

Setelah reaktor meledak, zona terlarang untuk penerbangan dibangun di sekitar daerah itu karena risiko radiasi yang tinggi.

Baca Juga: Antisipasi Prasangka Buruk, Kemenag Jelaskan Alasan Ajukan Pengadaan VPN Tahun Ini

Zona eksklusi berdiameter 30 km masih ada di sekitar pabrik, sementara kota terdekat Pripyat ditinggalkan karena tidak akan aman untuk tempat tinggal manusia selama 100.000 tahun lagi.

Beberapa dokumen yang ditampilkan dalam buku baru itu mengatakan bahwa kecelakaan terjadi di pabrik bahkan sebelum kecelakaan.

Halaman:

Editor: Billy Mulya Putra

Sumber: Daily Star


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X