Penderita Covid-19 Bisa Semprotkan Virus Corona Lebih dari 3,5 Meter Jika Tanpa Masker

- 4 Juli 2020, 10:05 WIB
Ilustrasi virus corona. /Pixabay/Hank Williams/

PR DEPOK - Salah satu cara terbaik agar terhindar dan tak menyebarkan virus corona adalah dengan mengenakan masker saat keluar rumah.

Masker terbaik untuk menghentikan penularan virus corona adalah versi kerucut yang terbuat dari beberapa lapisan kain.

Para peneliti menganalisis, masker apa yang merupakan masker terbaik dan terburuk untuk meminimalkan penularan virus.

Hasil studi menunjukkan bahwa varietas yang paling tidak efektif adalah masker yang dilipat secara longgar dan penutup seperti bandana.

Baca Juga: Tertarik Terjun jadi Youtuber? Simak dan Lakukan Tips Berikut Ini untuk Hasilkan Uang

loading...

Studi tersebut, yang diterbitkan dalam jurnal Physics of Fluids, juga menemukan bahwa batuk berpotensi menyebar hingga 12 kaki, sekira 3,6 meter, jika tidak terhalang, akan lebih jauh dari jarak sosial semeter.

Dilansir Pikiranrakyat-Depok.com dari Mirror.co.uk, peneliti utama studi, Dr. Stella Batalama, di Florida Atlantic University Amerika Serikat mengatakan, "Para peneliti kami telah menunjukkan bagaimana masker mampu secara signifikan mengurangi kecepatan dan jangkauan tetesan air liur dari bersin."

"Selain itu, mereka telah menemukan bagaimana batuk yang ditiru dapat melakukan perjalanan lebih jauh dari pedoman jarak yang saat ini direkomendasikan,” katanya.

Tim peneliti menggunakan teknik yang disebut 'visualisasi aliran' dalam pengaturan laboratorium tempat mereka menggunakan campuran air suling dan gliserin untuk menghasilkan kabut sintetis untuk meniru tetesan batuk.

Halaman:

Editor: Yusuf Wijanarko

Sumber: Mirror


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X