Erdogan Bersumpah Bebaskan Al-Aqsa Usai Ubah Hagia Sophia Jadi Masjid

- 13 Juli 2020, 19:23 WIB
Hagia Sophia. /Pixabay/Mojca J/

 

PR DEPOK - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan bersumpah membebaskan Masjid Al Aqsa setelah mengubah status Hagia Sophia dari museum menjadi masjid, Jumat 10 Juli 2020.

Recep Tayyip Erdogan menganulir status museum Hagia Sophia yang telah diberlakukan sejak 1934. Hagia Sophia pernah menjadi masjid pada 1453 sejak penaklukan Konstantinopel.

Menurut situs resmi kepresidenan Turki, kebangkitan Hagia Sophia menandai pembebasan Masjid Al Aqsa.

Kebangkitan Hagia Sophia adalah batu jejak kehendak umat Islam di seluruh dunia yang akan datang...kebangkitan Hagia Sophia adalah kebangkitan api harapan umat Islam dan semua yang tertindas, disalahkan, tertindas dan dieksploitasi," kata Erdogan seperti dikutip Pikiranrakyat-Depok.com dari The Jerusalem Post, Senin 13 Juli 2020.

Baca Juga: Viral Kamar Indekos Penuh Sampah, Penghuni Diduga Mengidap Hoarding Disorder

loading...

Pidato dalam bahasa Turki itu diterjemahkan sedikit berbeda ke bahasa Arab dan Inggris, menurut laporan Jerusalem Post. Hal itu dilakukan untuk mengelabui pandangan tentang bagaimana dia telah menghubungkan Hagia Sophia dengan agenda yang lebih luas.

Dalam bahasa Arab, pidato itu diintrepretasikan bahwa Recep Tayyip Erdogan mengubah Hagia Sophia menjadi masjid sebagai bagian dari "kembalinya kebebasan Al Aqsa".

Artinya, berarti Israel harus dikeluarkan dan tidak mengendalikan Kota Tua Yerusalem tempat al Aqsa berada.

Recep Tayyip Erdogan mengaitkan keputusan untuk menghidupkan kembali Islam dari Bukhara di Uzbekistan ke Andalusia di Spanyol.

Halaman:

Editor: Yusuf Wijanarko

Sumber: The Jerusalem Post


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

Haloyouth

Sudahkah Kita Merdeka?

10 Agustus 2020, 01:06 WIB

Haloyouth

Merdeka itu Seperti Apa

10 Agustus 2020, 01:01 WIB
X