Jalin Kerjasama dengan Donald Trump, RI Terima 100 Ventilator dan Hibah Rp187 M dari AS

- 28 Juli 2020, 16:56 WIB
ILUSTRASI VENTILATOR.* /Daily mail/ /

PR DEPOK - Indonesia menerima bantuan 100 alat bantu pernapasan (ventilator) dan hibah sebesar Rp187 miliar dari Amerika Serikat (AS) guna membantu penanggulangan Covid-19 dan pemulihan ekonomi di Tanah Air.

Bantuan alat kesehatan itu diserahkan oleh Kuasa Usaha Ad Interim Kedutaan Besar Amerika Serikat Jakarta, Heather Variava, kepada Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Oscar Primadi, dan disaksikan oleh Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, di Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta pada Selasa, 28 Juli 2020.

"Penyerahan bantuan ini merupakan tindak lanjut dari percakapan antara Presiden Indonesia Joko Widodo dan Presiden AS Donald Trump pada 24 April 2020. Secara keseluruhan, ada 1.000 ventilator yang akan dikirim dari AS ke Indonesia lewat beberapa kali pengiriman sepanjang Agustus," kata Retno Marsudi saat memberi sambutan pada upacara penyerahan seperti dikutip Pikiranrakyat-depok.com dari Antara.

Baca Juga: Gunakan Masker untuk Kedua Kalinya, Donald Trump Ingatkan Warga AS Jaga Jarak

Retno yang mewakili Pemerintah Indonesia, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Pemerintah AS atas bantuan tersebut.

Menurutnya, penyerahan 100 ventilator secara simbolik pada hari ini memuat dua pesan penting.

loading...

"Pertama, penyerahan bantuan ini merupakan contoh kolaborasi yang nyata untuk menanggulangi pandemi secara bersama-sama. Respon-respon kolektif merupakan kunci untuk menghadapi tantangan sebesar ini. Kedua, saya berharap kerja sama Indonesia dan AS tidak berhenti di sini, tetapi terus berlanjut dan tidak hanya untuk menanggulangi COVID-19, tetapi juga ancaman pandemi di masa depan dan bersama-sama turut mendukung tata kelola kesehatan dunia," tuturnya.

Baca Juga: Praktisi Hukum Sebut Harusnya Darah Yodi Prabowo Cukup Banyak, Polisi: Untuk Apa Berbohong?

Dalam kesempatan yang sama, Kuasa Usaha Ad Interim Kedubes AS Jakarta, Heather Variava menyampaikan pemerintah AS juga menyalurkan hibah senilai kurang lebih Rp 187 miliar kepada Pemerintah Indonesia.

Bantuan itu merupakan bagian dari dana sebesar Rp22 triliun yang dialokasikan AS untuk membantu sejumlah negara menanggulangi pandemi dan memulihkan sektor ekonominya yang terdampak Covid-19.

Halaman:

Editor: Billy Mulya Putra

Sumber: ANTARA


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X