Usai Ditunjuk oleh Jokowi Tangani Covid-19 di 8 Provinsi, Luhut Binsar Pandjaitan Siapkan Strategi

- 16 September 2020, 14:14 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan. /RRI

PR DEPOK – Wakil Ketua Komite Kebijakan Pengendalian Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Luhut Binsar Pandjaitan resmi ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menangani kasus virus corona di 8 provinsi.

Instruksi Jokowi tersebut disampaikan melalui Juru Bicara Satuan tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers virtual Selasa, 15 September 2020.

Delapan tersebut adalah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Papua dan Bali termasuk DKI Jakarta.

Baca Juga: Berguguran Saat Tangani Pasien Corona, PB IDI Minta Pemerintah Buat Komite Perlindungan Tenaga Medis

Berdasarkan instruksi tersebut, Luhut yang juga sebagai Menteri Koordinator Bidang Maritim dan investasi akan fokus pada dua langkah.

Adapun langkah tersebut dituliskan Luhut pada akun media sosial Instagram miliknya @luhut.pandjaitan pada Selasa, 15 September 2020.

"Pertama, memaksimalkan peran TNI dan Polri dalam membantu Gubernur. Saya ingin keduanya bersinergi bersama Gubernur menentukan titik-titik rawan di masing-masing daerah untuk dilakukan penegakan disiplin protokol kesehatan," tulis Luhut.

Baca Juga: Soal Bantuan Subsidi Upah Pekerja, Menaker: Tidak Ada Upaya Menghambat Pencairan

Fokus kedua, dirinya akan meminta Kapolda untuk memeriksa akurasi di setiap kabupaten dan kota tentang variabel jumlah kasus, jumlah angka kesembuhan hingga angka kematian.

"Karena setelah saya teliti, ada banyak kasus OTG yang masih berada di rumah sakit. Hal ini saya pikir menghambat kesembuhan pasien yang bergejala berat," kata Luhut.

Halaman:

Editor: Billy Mulya Putra


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X