Rabu, 26 Februari 2020

PDAM Depok dan USAID Indonesia Lakukan Kerja Sama Atasi Kelangkaan Air Bersih

- 28 Januari 2020, 11:25 WIB
ILUSTRASI air bersih.*

PIKIRAN RAKYAT – Pemerintah Depok bekerja sama dengan The United States Agency for International Development (USAID) Indonesia dalam rangka pemerataan akses sanitasi dan perilaku higienis adil dan merata. 

Melalui Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Asasta siap mendukung upaya tersebut dengan penyediaan Sumber Daya Manusia yang mumpuni.

Kebutuhan air bersih memang menjadi salah satu faktor penting untuk bisa hidup sehat. Banyak upaya yang dilakukan oleh pemerintah agar dapat memenuhi kebutuhan air bersih untuk masyarakat.

Baca Juga: Masih Marak Terjadi di Kawasan Asia Tenggara, Puskesmas Depok Lakukan Penyuluhan pada Hari Kusta Sedunia

Di musim hujan seperti sekarang memang belum mengalami kekeringan, tetapi untuk ke depannya perlu ada rencana untuk bisa mengatasi kelangkaan air bersih di saat musim kemarau tiba.

Sustainable Development Goals (SDGs) merupakan suatu rencana yang disepakati oleh para pemimpin dunia termasuk juga Indonesia, guna mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan, dan melindungi lingkungan atau yang biasa disebut dengan tujuan pembangunan berkelanjutan.

SDGs telah dibentuk pada Agustus 2015 yang berisi 17 tujuan dan 169 target untuk 15 tahun kedepan, yang diharapkan dapat dicapai pada tahun 2030.

Baca Juga: Simak Beberapa Fakta Wajah Baru Alun-alun Depok yang Bisa Jadi Alternatif saat Akhir Pekan

Berbicara tentang SDGs tentu tak akan bisa lepas dari peran pemerintah daerah. Hal ini karena pemerintahan sebagai pembuat kebijakan dan pelaksana di tingkat lokal. Pemerintah daerah dinilai punya andil besar untuk menyukseskan tercapainya tujuan SDGs.

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

X