Cegah Siswa Putus Sekolah Akibat Tak Ikut PJJ, DPR Dukung Belajar Tatap Muka dengan Syarat Berikut

- 25 November 2020, 06:25 WIB
Ilustrasi sekolah di masa pandemi. /Asep Fathulrahman/Antara

PR DEPOK – Komisi X DPR RI mendukung rencana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk memulai kembali sekolah tatap muka pada Januari 2021.

Anggota Komisi X DPR RI, Sofyan Tan menegaskan hal itu bisa dilakukan dengan syarat mendapat izin orang tua siswa dan menjalankan protokol kesehatan.

“Ada beberapa alasan yang membuat Komisi X menyetujui usulan Kemendikbud. Salah satunya untuk mencegah banyaknya anak putus sekolah akibat tidak mampu mengikuti mata pelajaran karena sudah lama tidak sekolah,” kata Sofyan dikutip Pikiranrakyat-Depok.com dari Antara.

Baca Juga: Catat 23 Ribu Pelanggaran, Wali Kota Jakbar Akui Tingginya Kasus Covid-19 Dipicu Pelanggaran Prokes

Sebelumnya, Mendikbud Nadiem Makarim mengatakan akan mengizinkan sekolah untuk menggelar proses belajar tatap muka (secara langsung).

Rencana tersebut muncul karena sejak akhir Maret, aktivitas belajar dilakukan secara daring.

Sofyan Tan menekankan, apabila ancaman putus sekolah itu dibiarkan, maka Indonesia akan kehilangan satu generasi dan itu mengganggu proses pembangunan.

Baca Juga: Lakukan Inovasi Digital, Program Smart City Depok Capai 75 Persen

Selain itu, ia menilai bahwa aktivitas pembelajaran tatap muka itu juga diharapkan bisa menekan tingkat stres anak murid dan orang tua karena sistem belajar dari rumah.

Halaman:

Editor: Ahlaqul Karima Yawan

Sumber: ANTARA


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X