Gunakan Filter HEPA, MTI: Penularan Covid-19 di Pesawat Sangat Sedikit

- 20 Desember 2020, 08:53 WIB
Ilustrasi pesawat Garuda Indonesia/ /

PR DEPOK - Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) menyebutkan kasus penularan Covid-19 di dalam pesawat di seluruh dunia sangat sedikit.

Berdasarkan data yang dihimpun, penularannya hanya terdapat 44 kasus dari 1,2 miliar pelaku perjalanan atau 1 kasus setiap 27 juta perjalanan.

Ketua Umum MTI Agus Taufik Mulyono mengatakannya dalam Diskusi Online#11 Forum Wartawan Perhubungan/Forwahub di Jakarta pada Sabtu, 19 Desember 2020.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Kian Melonjak, Tito Karnavian Canangkan Diperbaruinya Protokol Kesehatan Jadi 4M

"Fakta dan referensi ilmiah menunjukkan risiko penularan di pesawat sangat sedikit dan kejadian penularan sebagian besar terjadi ketika masker belum menjadi protokol kesehatan," kata Agus seperti dikutip oleh pikiranrakyat-depok.com dari ANTARA.

Menurutnya, memang terdapat potensi penularan di dalam pesawat dengan risiko kecil jika penumpang tidak disiplin menggunakan masker/pelindung mulut dan wajah.

Agus mengatakan, kecil kemungkinan penumpang tertular di dalam pesawat antara lain disebabkan di dalam pesawat terdapat teknologi yang mampu mencegah penularan Covid-19.

Baca Juga: Khawatir Langgar Aturan Antidoping, Lifter Eko Yuli Irawan Harap Vaksin Covid-19 Aman Obat Terlarang

Lebih lanjut, pesawat memiliki teknologi untuk mengganti udara dalam kabin, yaitu penggunaan filter HEPA (High Efficiency Particulate Air) yang mampu menyaring udara dengan efektivitas 99,99 persen.

Sistem ini memastikan udara di dalam pesawat berganti dan difilter setiap 3 menit, dan sistem serupa diterapkan di rumah sakit.

Halaman:

Editor: Billy Mulya Putra

Sumber: ANTARA


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X