153 TKA Asal China Masuk Saat Warga Indonesia Butuh Pekerjaan, Wakil Ketua DPR Minta Penjelasan Pemerintah

- 27 Januari 2021, 19:20 WIB
Aziz Syamsuddin, Wakil Ketua DPR RI. /Bogor pikiran-rakyat.com

PR DEPOK – Sebanyak 153 Warga Negara Asing (WNA) asal Republik Rakyat China (RRC) tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada Sabtu, 23 Januari 2021. Hal ini juga dikonfirmasi oleh Direktorat Jenderal Imigrasi.

Diketahui, 153 WNA itu disinyalir merupakan tenaga kerja asing (TKA).

Terkait hal itu, Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin menyayangkan kedatangan 153 TKA asal China itu, terlebih saat berlangsungnya kebijakan pelarangan WNA masuk ke Indonesia dalam rangka penanggulangan Covid-19 dan upaya mencegah masuknya varian baru virus tersebut.

Baca Juga: Covid-19 Belum Usai, Kemenkes Wanti-wanti Potensi Penyebaran Virus Nipah dari Semenanjung Malaysia ke Sumatra

Azis menyebut bahwa pemerintah harus menjelaskan alasan para TKA itu mendapatkan pengecualian dari aturan pelarangan masuknya WNA ke Indonesia.

Menurut dia, penjelasan pemerintah sangat dibutuhkan karena kedatangan 153 TKA itu menyebabkan keresahan di tengah masyarakat.

Terlebih dalam upaya bersama-sama berjuang menekan kasus Covid-19 melalui Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Baca Juga: Jadwal Pencairan BLT BPJS 2021 Belum Dirilis, Stafsus Kemnaker Ungkapkan Hal Ini

Selain penjelasan pengeculian tersebut, Azis juga meminta pemerintah dapat menjelaskan jenis-jenis sektor yang akan diisi TKA tersebut dan urgensi kedatangan mereka di saat kondisi jutaan waega Indonesia kehilangan pekerjaan dan bahkan kesulitan mencari pekerjaan baru akibat pandemi Covid-19.

Halaman:

Editor: Adithya Nurcahyo

Sumber: ANTARA


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X