Klaim Orang Makin Takut Lontarkan Kritikan, Salim Said: Sistem Saat Ini adalah Oligarki, Siapa yang Berkuasa?

- 21 Februari 2021, 13:40 WIB
Guru Besar Unhan, Salim Said. /Tangkapan layar YouTube Hersubeno Point.

PR DEPOK – Guru Besar Ilmu Politik UNHAN, Prof. Salim Haji Said, mengutarakan pemikirannya terkait dengan permintaan Presiden RI Joko Widodo yang belum lama ini meminta masyarakat untuk lebih aktif mengkritik.

Dalam komentarnya tersebut, ia lantas menyinggung soal oligarki yang seolah terjadi di Indonesia, di mana ia meragukan bahwa Jokowi memegang kekuasaan penuh di negara ini.

Hal tersebut disampaikan Salim Said dalam dialognya bersama Hersubeno Arief di video yang diunggah di kanal YouTube Hersubeno Point.

Baca Juga: Anies Panen Kritik Usai Jakarta Terendam Lagi, Rocky: Padahal Banjir Terparah Itu Efek Jokowi Jadi Gubernur

“Karena itu orang bicara bahwa sistem yang kita jalankan sekarang sengaja atau tidak adalah oligarki. Kalau oligarki itu pertanyaan yang sulit, siapa sebenarnya yang berkuasa? Apa betul Pak Jokowi berkuasa penuh? Atau Jokowi berkuasa sebagian, sebagian lagi siapa yang berkuasa?,” ujar Salim Said seperti dikutip Pikiranrakyat-Depok.com.

Menurutnya, pertanyaan yang dilontarkannya ini wajib dijawab agar tidak menimbulkan ketakutan di tengah masyarakat. Misalnya, lanjut Salim, seperti yang terjadi pada Kwik Kian Gie, yang belum lama ini mengaku takut untuk mengungkapkan pemikirannya.

Tak hanya Kwik, bahkan dirinya sendiri pun, ungkap Salim Said, mengaku takut mengutarakan pendapatnya dan memilih untuk menahan diri.

Baca Juga: Jokowi Pernah Sebut Banjir Mudah Diatasi Jika Jadi Presiden, Iwan Sumule: 100 Persen Omong Kosong! 

“Saya menahan diri bicara karena takut, sebab saya ngerti mengkritik Pak Jokowi dan beliau ajak kita mengkritik dia, tapi ini ada orang lain dari kalangan oligarki itu yang merasa dirugikan, maka dia bisa bertindak mempersulit kita,” katanya.

Halaman:

Editor: Ramadhan Dwi Waluya

Sumber: Youtube Hersubeno Point


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X