Sebut Sikap Diam Prabowo Sebabkan Ia Kuasai Survei Capres, Refly: Dia Sudah Jadi Bumper Jokowi Secara Pasif

- 23 Februari 2021, 14:15 WIB
Refly Harun. /Instagram @reflyharun

PR DEPOK  Pakar hukum tata negara, Refly Harun, turut menanggapi hasil survei yang belum lama ini dikeluarkan oleh Lembaga Survei Indonesia (LSI).

Dalam hasil survei LSI tersebut, posisi tiga besar calon presiden yang paling banyak dipilih rakyat diisi oleh Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan.

Prabowo Subianto memperoleh 22,6 persen suara dari responden, disusul Ganjar Pranowo dengan 10,6 persen, dan Anies Baswedan dengan perolehan sebanyak 10,2 persen.

Baca Juga: Hoaks atau Fakta: Kapolri Listyo Sigit Dikabarkan Seret Rocky Gerung ke Penjara, Simak Fakta Sebenarnya

Selain tiga nama tersebut, nama Basuki Tjahaya Purnama (Ahok) juga muncul di posisi keempat dengan perolehan 7,2 persen, disusul Sandiaga Uno dengan perolehan 6,9 persen.

Mengamati hasil survey yang masih dikuasai oleh Prabowo Subianto ini, Refly Harun menilai hal ini merupakan efek dari dua kali pemilu, yakni tahun 2014 dan 2019.

Ia menuturkan, tingkat popularitas Prabowo Subianto hanya akan dikalahkan oleh Presiden RI Joko Widodo.

Baca Juga: Pemprov Jatim Batalkan Dana Hibah Rp9 Miliar Museum SBY, Cipta Panca: Gak Masalah, Pembangunan Tetap Jalan

“Tidak heran ya, LSI top of mind-nya masih Presiden Jokowi, karena kita tahu dalam survey yang memilih itu berdasarkan demografi. Bukan hanya orang-orang perkotaan yang melek politik, yang kritis, tetapi juga mereka yang mungkin saja tidak mengenal secara baik tokoh-tokoh yang ada,” ujar Refly Harun, seperti dikutip Pikiranrakyat-Depok.com dari kanal YouTube miliknya.

Halaman:

Editor: Ahlaqul Karima Yawan

Sumber: YouTube Refly Harun


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X