Dampak Bibit Siklon Tropis, Waspada Gelombang Tinggi di Laut Jawa

- 24 Februari 2021, 20:45 WIB
BMKG sebut ada kemungkinan gelombang tinggi di sejumlah laut Indonesia. /PIXABAY/DIMITRISVETSIKAS/PIXABAY

PR DEPOK - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pada Rabu 24 Februari 2021 mengingatkan bahwa terdapat sejumlah wilayah perairan termasuk Laut Jawa berpotensi mengalami gelombang tinggi pada 25 hingga 26 Februari 2021.

Hal itu terjadi akibat dampak pusat tekanan rendah atau dikenal dengan bibit siklon tropis di Samudra Hindia selatan Jawa Timur.

Informasi tersebut disampaikan oleh Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG, Eko Prasetyo dalam jumpa pers yang disiarkan secara daring.

Baca Juga: Sarankan Jokowi Akui Kesalahan, Rocky Gerung: Siapkan Dulu Uang, Begitu Timbul Kerumunan Langsung Bayar Denda

"Waspada untuk wilayah Laut Jawa terutama Laut Jawa bagian barat, tengah dan timur dengan ketinggian gelombang antara 2,5-4 meter," kata Eko di Jakarta seperti dikutip Pikiranrakyat-Depok.com dari Antara.

Tak hanya Laut Jawa, gelombang laut dengan ketinggian serupa juga dikabarkan berpeluang terjadi di Selat Sunda bagian selatan, Selat Bali bagian selatan dan Selat Lombok bagian selatan.

Sedangkan gelombang dengan ketinggian yang lebih dari empat meter berpotensi terjadi di Samudra Hindia barat Lampung hingga selatan Banten.

Baca Juga: Tanggapi Kerumunan Jokowi di NTT, Rocky Gerung: Dramatis Buat Naikan Elektabilitas Tapi Tragis Lagi Pandemi

Bibit siklon tropis diketahui memberi dampak, khususnya pada wilayah perairan karena semua angin berpusat di sekitarnya sehingga berpotensi terjadi gelombang tinggi.

Halaman:

Editor: Adithya Nurcahyo

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X