Hanya Perlu Dua Menit, Anies Baswedan Berhasil Pengaruhi Sekjen PBB untuk Dukung Penuh Usulannya

- 18 April 2021, 02:25 WIB
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. /Instagram @aniesbaswedan

PR DEPOK - Aktivis sosial, Geisz Chalifah, mengunggah momen ketika Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membuat Sekretaris Jenderal PBB terkesan dengan gagasan yang disampaikan olehnya.

Dalam unggahan di akun media sosial Instagram miliknya, Geisz Chalifah mengklaim bahwa Anies dapat membuat Sekjen PBB, Antonio Guterres mendukung gagasannya hanya dalam waktu 2 menit.

"Hanya 2 Menit Sekjen PBB Pun Terpengaruh. Moderator memberi Anies waktu untuk bicara selama 2 menit, lalu Gubernur DKI bicara ttg keterlibatan PBB bersama kota-kota didunia memperbaiki iklim. Selesai Anies Bicara Sekjen PBB Antonio Gueteeres menginterupsi memberikan dukungan penuh pada gagasan Anies Baswedan," ujarnya, seperti dikutip Pikiranrakyat-Depok.com.

Baca Juga: Jadi Relawan Vaksin Nusantara, Siti Fadilah: Jika Terbukti Berhasil, Kita Dapat Harta Karun Sangat Berharga

Dalam video berdurasi 3 menit 14 detik yang diunggah Geisz Chalifah, terlihat moderator dalam acara dialog PBB bersama para Gubernur dan Wali Kota dari sejumlah negara, memberikan waktu 2 menit untuk Anies memaparkan usulannya.

Gubernur DKI Jakarta itu lantas mengusulkan agar PBB mengambil peran yang besar untuk membantu kota-kota di dunia dalam tiga aspek.

"Pertama, PBB dapat mendorong negara-negara untuk mengakui pencapaian aksi iklim yang dilakukan pada tingkat kota dan itu perlu dihitung sebagai bagian dari National Determined Contribution (NDC) dari aksi iklim," ujar Anies Baswedan.

Baca Juga: 4 Cara Sederhana Mengatasi Stres yang Bisa Menjadi Pilihan Selain Berkonsultasi dengan Ahli

Aspek kedua, lanjut Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu, adalah bahwa PBB perlu secara organisasional mendorong terjadinya integrasi vertikal dan horizontal pada tingkat aksi serta kebijakan.

"Ketiga, dalam rangka menuju COP 26, PBB perlu mendukung negara-negara untuk mengembangkan arsitektur dan struktur pendanaan yang komprehensif, untuk dieksekusi pada level lokal," tutur Anies melanjutkan.

Halaman:

Editor: Annisa.Fauziah

Sumber: Instagram @aniesbaswedan


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X