Sementara Vaksin Nusantara Tuai Polemik, Vaksin Merah Putih Dipastikan Segera Siap Diproduksi di Awal 2022

- 18 April 2021, 19:19 WIB
Ilustrasi vaksin.
Ilustrasi vaksin. /Pexels/Gustavo Fring

PR DEPOK - Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Penny Lukito, mengatakan bahwa pihaknya terus mendukung percepatan proses penelitian serta proses produksi vaksin Merah Putih.

Dalam keterangannya, ia menuturkan bahwa Lembaga Biologi Molekular (LBM) telah melakukan penelitian yang sesuai dengan tools pengembangan vaksin, seperti yang disyaratkan oleh BPOM.

"Kami sudah menerbitkan tools pengembangan vaksin di lembaga riset dan kami menyambut baik bahwa progres sudah berjalan dan tentu kita harus bersabar," katanya menjelaskan, sebagaimana dikutip Pikiranrakyat-Depok.com dari PMJ News.

Baca Juga: Dugaan Penistaan Agama oleh Jozeph Paul Zhang, Penyidik Bareskrim Bersama Interpol akan Buru Terduga

Tak cukup sampai di situ, Penny Lukito menyampaikan bahwa BPOM juga telah memberikan berbagai macam upaya pendampingan, relaksasi, serta break through, segala inovasi di setiap tahapan yang dilaluinya.

Lebih lanjut, aspek mutu, keamanan, serta khasiat vaksin juga menjadi aspek prioritas yang senantiasa dijaga oleh BPOM, dengan tujuan untuk menjamin perlindungan pada masyarakat.

Disampaikan oleh Penny, pemerintah juga berkomitmen tinggi dalam bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk lembaga penelitian, universitas, produsen vaksin seperti Bio Farma, serta lembaga terkait lainnya.

Baca Juga: Husin Shihab Laporkan Jozeph Paul Zhang ke Polisi: Semoga Meredam Sentimen Antar Beragama  

"Kita all out membantu sehingga vaksin Merah Putih ini bisa secepatnya sesuai timeline yang ada atau akan dipercepat, kita lihat nanti progresnya untuk bisaterwujud setiap tahapannya,” ujar Penny Lukito menjelaskan.

Selain itu, BPOM memperkirakan bahwa vaksin Merah Putih yang diproduksi oleh Bio Farma akan menyelesaikan uji klinis pada semester I-2022.

Halaman:

Editor: Annisa.Fauziah

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X