Pendiri NU Hilang dalam Kamus Sejarah, Sindiran Rocky Gerung: Anak Sekarang Cuma Disuruh Hafalkan Nama Ikan!

- 21 April 2021, 11:20 WIB
Pengamat Rocky Gerung komentari pendiri NU KH Hasyim Asy'ari hilag dalam kamus sejarah.
Pengamat Rocky Gerung komentari pendiri NU KH Hasyim Asy'ari hilag dalam kamus sejarah. /Tangkap layar YouTube Rocky Gerung Official.

PR DEPOK – Pengamat politik, Rocky Gerung turut berkomentar terkait hilangnya profil pendiri Nahdlatul Ulama (NU), KH Hasyim Asy’ari.

Kamus Sejarah Indonesia Jilid I dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dikabarkan tidak memuat nama kakek dari Presiden ke-4 RI, Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

Kabar itu pun lantas disoroti dan menuai protes dari berbagai pihak. Terlebih lagi, terdapat pula beberapa nama tokoh komunis dalam Kamus Sejarah Indonesia tersebut.

Baca Juga: Segera Cek Daftar Nama Penerima Banpres BPUM BLT UMKM 2021 di Link eform.bri.co.id/bpum

Melalui sebuah video wawancara yang diunggah kanal YouTube miliknya, Rocky Gerung menilai bahwa itu adalah hal yang fatal.

“Itu fatal, karena semua orang yang belajar sejarah tahu siapa Hasyim Asy’ari. Bahkan nama Hasyim Asy’ari terkait dengan Wahid Hasyim lalu terkait dengan nama Abdurrahman Wahid,” tuturnya seperti dikutip Pikiranrakyat-Depok.com pada Rabu, 21 April 2021.

“Jadi ini satu genealogi, satu garis generasi yang menuntun Indonesia masuk di dalam kemerdekaan dan tidak diketahui oleh masyarakat,” ucapnya menambahkan.

Baca Juga: Hebohkan Warga Desa, Sejumlah Pemuda Menjual Semangka dengan Mobil Ferrari 488

Kalau nama itu hilang, lanjut dia, itu artinya Indonesia telah mengkhianati permintaan Bung Karno sendiri, yakni ‘Jangan sekali-sekali melupakan sejarah (Jasmerah)’.

Halaman:

Editor: Ramadhan Dwi Waluya

Sumber: Youtube Rocky Gerung


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X