Heran Banyak Pihak Menakuti Publik Soal Poros Partai Islam, Bang Arief: Mereka Gak Ngerti Bhinneka Tunggal Ika

- 21 April 2021, 13:53 WIB
Arief Munandar.
Arief Munandar. /Instagram @bangariefm

PR DEPOK – Sosiolog, Arief Munandar atau akrab disapa Bang Arief heran dengan sejumlah pihak yang kerap menakuti publik terkait pembentukan koalisi poros partai Islam dianggap seolah berbahaya.

“Gue nggak mengerti ya kenapa banyak pihak yang terus menggembor-gemborkan, menakut-nakuti kita seolah-olah politik identitas itu berbahaya,” tuturnya seperti dikutip Pikiranrakyat-depok.com dari kanal YouTube Bang Arief pada Rabu, 21 April 2021.

Menurut Bang Arief, orang-orang yang memiliki pola pikir seperti itu justru tidak mengerti esensi dari Bhinneka Tunggal Ika.

Baca Juga: Muhammad Zohri Masuk Jajaran Tokoh Muda Asia Terbaik Versi Forbes, Awalnya Tidak Tahu Mengenai Majalah Ini

“Orang yang berpikir demikian nggak mengerti esensi dari slogan kita yang ada di dalam negara itu Bhinneka Tunggal Ika. Justru karena kita masing-masing punya identitas yang berbeda-beda, dan kita berhimpun dalam sebuah NKRI, maka kita perlu pemersatu yaitu Pancasila, yang tersimbol di dalam slogan Bhinneka Tunggal Ika ‘Berbeda-beda tapi tetap satu juga,” katanya.

Artinya, di dalam demokrasi menjadi sangat sah kalau sebagai warga negara berkumpul atas dasar kesamaan identitas. Salah satunya adalah kesamaan identitas agama.

“Dan menurut gue nggak ada masalah ya, toh konstitusi kita menjamin itu yang dinyatakan bahwa negara berdasarkan Ketuhanan yang Maha Esa. Jadi menurut gue no problem di situ,” ujarnya.

Baca Juga: 5 Film Korea Bernuansa Kelam yang Direkomendasikan, Salah Satunya The Call yang Diperankan Park Shin Hye

Bang Arief pun mengungkapkan bahwa ada kekhawatiran jika poros partai Islam kerap dipinggirkan, dianggap sesuatu yang tidak positif, dan disebut sumber perpecahan.

Halaman:

Editor: Ahlaqul Karima Yawan


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X