Kerap Dilabeli Negatif, HRS Malah Dikunjungi 'Wali Allah', Arief: Yang Hormat ke Beliau Tak Hanya Muslim Biasa

- 21 April 2021, 14:28 WIB
Sosiolog Arief Munandar tanggapi soal Komnas HAM tak sebut KKB Papua sebagai teroris.
Sosiolog Arief Munandar tanggapi soal Komnas HAM tak sebut KKB Papua sebagai teroris. /Tangkap Layar YouTube Bang Arief

PR DEPOK - Sosiolog Arief Munandar mengomentari soal kedatangan ulama asal Purworejo, KH Thoifur Mawardi, yang dikenal sebagai ulama yang sering bertemu Nabi Muhammad SAW lewat mimpinya, yang menemui Habib Rizieq di tengah sidang kasusnya.

Melihat banyaknya hal positif yang mendatangi Habib Rizieq, mulai dari berhasil menyelesaikan disertasi program S3 dan mendapat gelar PhD, hingga dikunjungi oleh "Wali Allah" dalam sidang kasus yang menjeratnya, Arief Munandar menilai sosok HRS ini memang sangat karismatik.

"Betapapun orang mencoba untuk menempelkan label negatif kepada Habib Rizieq Shihab, bahasa dia yang keras, lugas dalam ceramah, yang kadang-kadang dituduh menghujat kelompok-kelompok tertentu, tapi kita tidak bisa menafikan bahwa Habib Rizieq Shihab ini memang kharismatik," ujarnya, seperti dikutip Pikiranrakyat-Depok.com dari kanal YouTube Bang Arief.

Baca Juga: Jadwal Buka Puasa Kota Depok dan Sekitarnya Hari Ini Rabu, 21 April 2021

Ia lantas menyinggung soal kunjungan KH Thoifur Mawardi ke sidang Habib Rizieq yang menandakan bahwa eks pimpinan FPI itu tak hanya dikagumi oleh orang biasa, tetapi juga oleh ulama yang disebut "Wali Allah".

"Yang hormat kepada beliau bukan cuma masyarakat muslim awam, tapi sesama pemuka agama, sesama ulama pun menunjukkan rasa hormat itu. Contohnya salah satunya ini, Syekh Thoifur Mawardi yang jauh-jauh datang untuk hadir di sidang Habib Rizieq Shihab," tutur Arief Munandar melanjutkan.

Banyaknya hal positif yang muncul terkait Habib Rizieq inilah, lanjut Arief Munandar, yang lantas membuat pihak-pihak yang tak menyukai eks pentolan FPI itu semakin ketar-ketir.

Baca Juga: Polri Desak Dirjen Imigrasi untuk Cabut Paspor Jozeph Paul Zhang

Menurutnya, sosok pemimpin informal seperti Habib Rizieq memiliki kemampuan yang dahsyat dalam membangun kesatuan dan solidaritas masyarakat.

Sosiolog yang juga seorang jurnalis itu menyimpulkan bahwa memang sosok-sosok pemimpin informal seperti HRS ini hanya bisa dihadapi dengan dua cara, yakni diajak kompromi atau dihancurkan dengan segala cara.

Halaman:

Editor: Annisa.Fauziah

Sumber: YouTube Bang Arief


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X