AS Wacanakan Lepas Masker Usai Capai Herd Immunity, Pakar: Vaksinasi di Atas 100 Juta, Mereka Punya Moderna

- 29 April 2021, 14:26 WIB
Ilustrasi Covid-19 di AS.
Ilustrasi Covid-19 di AS. /Pixabay/PabitraKaity

PR DEPOK - Asian Pacific Society of Respirology menilai herd immunity (kekebalan kelompok) telah dicapai Amerika Serikat (AS) sehingga pemerintahnya mewacanakan lepas masker.

"Kalau saya ingin menjelaskan kondisi Amerika dan Indonesia itu berbeda. Pertama, mereka sudah mencapai herd immunity vaksinasi sudah cukup banyak di atas 100 juta yang divaksin karena mereka punya fasilitas itu semua Pfizer dan Moderna," kata Ketua Asian Pacific Society of Respirology, Erlina Burhan dikutip Pikiranrakyat-Depok.com dari Antara.

Vaksinasi Covid-19 yang telah dilakukan terhadap lebih dari 100 juta orang di AS bisa berjalan lancara karena dukungan produksi vaksin secara mandiri.

Baca Juga: Jadwal Buka Puasa Kota Depok dan Sekitarnya Hari Ini Kamis, 29 April 2021

"Mereka fokus pada rakyatnya dulu, makanya kita belum dapat Pfizer dan Moderna mereka sudah capai herd immunity yang diharapkan terjadinya perlambatan, melandai dan ke depannya juga menjadi negara yang endemis saja," tuturnya,

Dengan demikian Pemerintah AS akan mengizinkan warganya tidak menggunakan masker di ruang terbuka, kecuali saat kerumunan.

"Mungkin Amerika outbond olahraga di luar. Tapi tidak boleh ditiru di Indonesia, karena capaian vaksinasi kita belum banyak, jadi yang punya kekebalan baru sedikit," ucapnya.

Baca Juga: Balita Tewas Akibat Heat Stroke Usai Ditinggalkan Neneknya di Mobil Meski dengan Mesin Mati Selama Berjam-jam

Erlina meminta masyarakat waspada terhadap penularan Covid-19 lantaran virus Sars CoV-2 terus berkembang secara dinamis.

Halaman:

Editor: Ahlaqul Karima Yawan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X