Mutasi Baru Covid-19 Dari India dan Afrika Selatan, Terjadi di Jakarta dan Bali

- 3 Mei 2021, 18:15 WIB
Ilustrasi Covid-19.
Ilustrasi Covid-19. /KALBAR TERKINI/MULYANTO ELSA

PR DEPOK - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melaporkan dua mutasi Covid-19 sudah masuk Indonesia yaitu mutasi dari India dan Afrika Selatan.

Dua mutasi ini adalah India terjadi dua kasus di Jakarta dan Afrika Selatan terjadi satu kasus di Bali.

"Tadi juga sudah dilaporkan ke Bapak Presiden, yaitu sudah ada mutasi baru (virus corona) yang masuk, yaitu mutasi dari India ada dua insiden yang sudah kita lihat dan dua-duanya di Jakarta, dan satu insiden dari Afrika Selatan itu ada di Bali," kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dikutip Pikiranrakyat-Depok.com dari Antara pada Senin, 3 Mei 2021.

Baca Juga: Larangan Mudik Bisa Buat Kunjungan Wisata Meningkat, Disparbud Jabar Siapkan Strategi untuk Cegah Klaster Baru

Kemudian, 13 kasus mutasi Covid-19 Inggris juga terjadi di Indonesia. Mutasi ini lebih dulu masuk ketimbang dua mutasi tadi.

"Jadi, selain mutasi dari Inggris yang sekarang sudah ada 13 insiden, sudah ada dua mutasi dari India masuk dan satu mutasi dari Afrika Selatan," ucapnya.

Budi mengemukakan mutasi Covid-19 India yang masuk Indonesia adalah B1617, dari Afrika Selatan adalah B1351, dan dari Inggris adalah B117.

Mereka adalah virus yang digolongkan World Health Organization adalah variant of concern.

"Ini harus kita jaga mumpung (penyebarannya) masih sedikit, mengingat mereka pasti akan segera menyebar karena (tingkat) penularannya relatif lebih tinggi dibandingkan yang lain," tutur Budi.

Halaman:

Editor: Adithya Nurcahyo

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X