Waspada Mutasi Virus Corona dari India dan Afrika Selatan Sudah Masuk RI, Menkes Budi: Penularan Lebih Tinggi

- 3 Mei 2021, 20:18 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin.
Menkes Budi Gunadi Sadikin. /Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden

PR DEPOK - Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, mengatakan bahwa pihaknya telah mendeteksi temuan mutasi virus corona dengan jenis yang ditemui di India dan Afrika Selatan.

Ia menuturkan, sudah ada dua insiden mutasi virus corona dari India yang ditemui di Jakarta dan dari Afrika Selatan yang ditemui di Bali.

"Sudah ada mutasi baru yang masuk, yaitu mutasi dari India. Ada dua insiden yang sudah kita lihat, dua-duanya di Jakarta dan satu insiden untuk mutasi dari Afrika Selatan di Bali," ujarnya, sebagaimana dikutip Pikiranrakyat-Depok.com dari PMJ News.

Baca Juga: Akui Ingin Punya Saham di PSMS Medan, Rizky Billar Ingin Ikuti Jejak Raffi Ahmad?

Tak hanya mutasi virus corona dari India dan Afrika Selatan, lanjutnya, sebelumnya sudah ada mutasi virus corona dari Inggris yang masuk ke Indonesia.

Kasus infeksi virus corona dengan jenis yang bermutasi dari Inggris ini mencapai 13 kasus di Indonesia.

Menkes Budi Gunadi Sadikin juga memaparkan bahwa mutasi-mutasi yang masuk ke Indonesia ini termasuk dalam daftar varian of concern atau jenis yang mendapat perhatian khusus dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Baca Juga: Bertarif Fantastis, Reza Arap Ungkap Nominal demi Dapatkan Ucapan Selamat dari Justin Bieber

"Penularannya relatif lebih tinggi. Ini harus kita jaga mumpung masih sedikit, karena mereka pasti akan segera menyebar karena penularannya relatif lebih tinggi daripada yang lain," kata Menkes menjelaskan.

Oleh karena itu, lanjutnya, tugas garda depan yang didukung oleh masyarakat saat ini dalah untuk melakukan isolasi ketika ada yang terpapar jenis virus corona yang bermutasi ini.

Halaman:

Editor: Annisa.Fauziah

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X