Joe Biden Setujui Penjualan Senjata ke Israel, Ulil Abshar: Terjadi Saat Israel Serang Gaza, What A Joke!

- 18 Mei 2021, 11:00 WIB
Cendekiawan Nadhlatul Ulama (NU), Ulil Abshar Abdalla.
Cendekiawan Nadhlatul Ulama (NU), Ulil Abshar Abdalla. /Twitter @ulil
PR DEPOK - Cendekiawan muslim, Ulil Abshar Abdalla memberikan tanggapan terkait tindakan Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden yang menyetujui penjualan senjata kepada Israel
 
Persetujuan Joe Biden dalam menjual senjata ke Israel, dikritik berbagai pihak. Pasalnya, saat ini Israel sedang intens melalukan serangan ke Palestina. 
 
Ulil Abshar mempertanyakan kebijakan tersenut, seakan Amerika Serikat mendukung tindakan brutal yang Israel lakukan kepada Palestina. 
 
 
Ulil Abshar menegaskan hal tersebut melalui akun Twitter pribadinya @ulil, pada Selasa, 18 Mei 2021.
 
Cuitan Ulil Abshar.
Cuitan Ulil Abshar.
 
"Pemerintah AS baru saja menyetujui penjualan senjata senilai US$735 juta. Dan ini terjadi di saat Israel melakukan serangan yg brutal terhadap Gaza. Self defence? What a joke!," ujar Ulil Abshar, seperti dikutip Pikiranrakyat-Depok.com.
 
Ulil menuturkan bahwa di pemerintahan Amerika Serikat, politisi yang memberikan dukungan terhadap Palestina mendapat tekanan yang berat. 
 
 
Ulil menyebut bahwa politisi AS yang mendukung Palestina, hanya bisa memberikan dukungan secara tersembunyi saja. 
 
Cuitan Ulil Abshar.
Cuitan Ulil Abshar.

"Politisi Amerika yg berani memberikan dukungan pada Palestina menghadapi tekanan yg berat. Karena itu, mereka hanya bisa memberikan dukungan secara tersembunyi saja. Yang berani terus terang seperti AOC, Ilhan Omar, dan Rashida Tlaib amat jarang," kata Ulil Abshar
 
Diketahui bahwa hubungan Palestina dengan Israel kembali memanas dengan saling membombardir negara satu sama lain. 
 
 
Banyak negara di dunia mengecam tindakan Israel yang dianggap tidak manusiawi. Banyak negara meminta agar serangan yang dilakukan kedua negara untuk segera dihentikan. 
 
Indonesia menjadi salah satu negara yang mengecam tindakan dari Israel. Melalui Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno LP Marsudi, Indonesia tegas mengecam tindakan Israel dan mendukung Palestina.
 
"Keadilan harus tercipta bagi rakyat Palestina. Dan saya tekankan bahwa Indonesia akan terus mendukung perjuangan Palestina," kata Menlu RI, Retno.***

Editor: Ahlaqul Karima Yawan


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X