Ingatkan Kepala Daerah Abaikan Politik Balas Budi, Ketua DPD: Inilah yang Kerap Menjerat dalam Kasus Korupsi

- 11 Juni 2021, 17:11 WIB
Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti.
Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti. /Dok DPD RI

PR DEPOK – Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD), AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mewanti kepada setiap kepala daerah untuk mengabaikan praktik politik balas budi ketika pemilihan kepala daerah (pilkada) dan meminta untuk lebih mengedepankan jiwa integritas saat memimpin.

“Praktik balas budi inilah yang kerap menjerat kepala daerah dalam kasus-kasus yang tidak diharapkan seperti korupsi,” ungkap LaNyalla dikutip Pikiranrakyat-depok.com dari ANTARA di Jakarta, Jumat. 11 Juni 2021.

Menurutnya, pemimpin daerah mempunyai peranan penting dan strategis dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Stabilitas ekonomi dan politik di daerah juga menjadi tempat bagi stabilitas nasional.

Baca Juga: Didampingi Prabowo, Megawati Hadir di Sidang Pengukuhan Gelar Profesor Kehormatan dari Unhan

“Kepala daerah harus bisa menjaga hal tersebut. Kepala daerah harus bisa menciptakan iklim ekonomi dan politik yang sehat,” ungkap LaNyalla.

Kekuatan sikap dan integritas kepala daerah akan dites melalui kepentingan donatur yang akan memberikan dukungan saat pilkada.

Berdasarkan informasi yang dihimpun KPK, ada sekitar 82,3 calon kepala daerah dan wakil kepala daerah mengatakan ada sejumlah donatur dalam kontestasi pilkada yang akan dilaksanakan serentak.

Seandainya calon yang didukung mampu menjadi kepala daerah, maka para donatur pun berharap bisa diberi keluwesan dalam hal perizinan berbisnis.

Halaman:

Editor: Muhamad Gilang Priyatna

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X