Menhub Laksanakan Pertemuan Bilateral Indonesia dan Korea Selatan Soal Pembangunan LRT di Bali dan MRT Jakarta

- 14 Juni 2021, 17:15 WIB
Ilustrasi Desain proyek LRT City Cibubur .
Ilustrasi Desain proyek LRT City Cibubur . /dok adhi commuter properti

PR DEPOK - Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Budi Karya Sumadi melaksanakan pertemuan bilateral dengan Duta Besar (Dubes) Korea Selatan untuk Indonesia Mr. Tae Sung Park, di Jakarta, Senin, 14 Juni 2021.

Pertemuan ini dilaksanakan dengan agenda pembahasan mengenai peluang kerja sama pembangunan infrastruktur Light Rail Transit (LRT) di Bali dan MRT Jakarta fase 4 rute Fatmawati–Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Budi pun menyambut dengan baik keinginan dari negeri ginseng untuk ikut berpartisipasi membangun infrastruktur transportasi di Indonesia.

“Hari ini Saya melakukan pertemuan dengan Dubes Korsel untuk Indonesia membahas peluang kerja sama pembangunan infrastruktur transportasi di Indonesia, dan kami menyambut baik keinginan pihak Korsel untuk terlibat dalam pembangunan kereta api di Bali dan Jakarta,” ucap Menhub dikutip Pikiranrakyat-depok.com dari situs resmi Kementerian Perhubungan.

Baca Juga: Habib Rizieq Singgung Ahok di Pledoi Hingga Tragedi 6 Laskar FPI, JPU: Terlalu Banyak Keluh Kesah!

Menhub menerangkan bahwa sehubungan dengan pencanangan pembangunan infrastruktur kereta api di Bali, Pemprov Bali sudah menjalin kerjasama dengan Korsel melalui Korea National Railway.

Kerjasama ini terbentuk dengan tujuan untuk mengatur kajian prastudi kelayakan atau Pre Feasibility Studi mengenai rencana untuk membangun LRT dengan rute Bandar Udara (Bandara) Ngurah Rai–Seminyak yang panjangnya sampai 9,46 km.

Mengacu pada hasil kajian tersebut, maka rencana pembuatan LRT akan dipisah menjadi dua tahap yaitu Fase 1-A rute Bandara–Stasiun Central park dengan panjang mencapai 5,3 km dan Fase 1-B rute Stasiun Central Park–Seminyak dengan panjang lintasan mencapai 4,16 km.

Selanjutnya, Pemprov Bali bersama Korea National Railway akan memperdalam kajian sehubungan dengan rencana pembuatan LRT untuk tahap kedua yaitu rute Seminyak-Mengwitani.

Halaman:

Editor: Muhamad Gilang Priyatna

Sumber: Kemenhub


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X