Sebut Firli Bahuri Dibela Menpan RB Saat Tak Hadiri Panggilan Komnas HAM, Azyumardi: Lebih Aman ke Ombudsman

- 14 Juni 2021, 19:40 WIB
Ketua KPK Firli Bahuri.
Ketua KPK Firli Bahuri. /Instagram @officialkpk/

PR DEPOK – Banyak pihak yang merespons sikap Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri ketika tidak memenuhi panggilan Komnas HAM, salah satunya guru besar sekaligus cendekiawan Muslim, Azyumardi Azra.

Azyumardi Azra mengaku heran dengan sikap Firli Bahuri yang tidak mau hadir ke Komnas HAM, tetapi malah memenuhi undangan Ombudsman terkait kisruh tes wawasan kebangsaan (TWK).

"Perlakuan KPK juga berbeda. Ketika dipanggil Komnas HAM tidak mau datang dengan berbagai macam alasan," kata Azyumardi di Jakarta, pada Senin, 14 Juni 2021 sebagaimana dikutip Pikiranrakyat-Depok.com dari Antara.

Baca Juga: Diduga Capai Kerugian Rp22 Triliun, Benny K Harman Minta Korupsi BPJS Ketenagakerjaan Ditangani Dengan Serius

Bukan hanya itu, Azyumardi menduga ada pembelaan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Birokrasi Reformasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo terhadap Ketua KPK yang tidak memenuhi panggilan Komnas HAM.

Maka dari itu, ia memprotes aksi pembelaan yang dilakukan Tjahjo Kumolo terhadap Ketua KPK.

Azyumardi Azra menilai ketika pimpinan atau perwakilan KPK tidak mau datang memenuhi panggilan Komnas HAM, tetapi di sisi lain malah memenuhi panggilan Ombudsman dikhawatirkan akan menjadi menimbulkan suatu permasalahan.

Baca Juga: Login fmotm.jakarta.go.id untuk Dapatkan Bansos Fakir Miskin dan Orang Tidak Mampu DKI Jakarta Tahun 2021

"Ini jadi tanya juga. Mungkin lebih aman datang ke Ombudsman daripada ke Komnas HAM," kata cendekiawan kelahiran Lubuk Alung, Padang Pariaman, Sumatera Barat 4 Maret 1955.

Halaman:

Editor: Ahlaqul Karima Yawan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X