Soroti Adanya Pilihan Alquran atau Pancasila di Pertanyaan TWK KPK, Romo Magnis: yang Buat Tidak Pancasilais!

- 19 Juni 2021, 19:29 WIB
Budayawan, Romo Magnis turut menyoroti pertanyaan TWK KPK yang minta untuk memilih Alquran atau Pancasila.
Budayawan, Romo Magnis turut menyoroti pertanyaan TWK KPK yang minta untuk memilih Alquran atau Pancasila. /Dok. Antara.

PR DEPOK - Budayawan sekaligus rohaniwan Franz Magnis Suseno menyoroti soal pertanyaan kontroversi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang mesti memilih antara Alquran atau Pancasila.

Munculnya pertanyaan memilih antara Alquran atau Pancasila sontak membuat pria yang akrab dipanggil Romo Magnis ini keheranan.

Dalam pernyataannya, Romo Magnis lantas meminta untuk tidak menyarankan masyarakat untuk memilih antara Alquran atau Pancasila.

Baca Juga: Tunjukkan Bukti Ia Keturunan Nabi Muhammad, Husin Shihab: Ragukan Silsilah Ini Serupa Ragukan Adanya Ahlulbait

Hal itu disampaikan Romo Magnis dalam webinar bertema "Pancasila: Tandingan Agama atau etika Kebangsaan?" yang digelar di Jakarta, pada Sabtu, 19 Juni 2021.

"Misalnya, saya ditanya pilih ajaran Katolik atau Pancasila, itu pertanyaan apa?" kata Romo Magnis seperti dikutip Pikiranrakyat-Depok.com dari Antara.

Pertanyaan yang diberlakukan kepada pegawai lembaga antirasuah tersebut menurutnya sama dengan menggerogoti kesetiaan seseorang pada Pancasila.

Baca Juga: Beredar Video HRS Sebut Presiden ‘Jokodok’ dan Ajak Melengserkan, Ferdinand Hutahaean: Sadis Banget Orang Ini

Sebab, dikatakan Romo Magnis, pertanyaan tersebut memberi kesan memilih antara agama atau Pancasila.

Halaman:

Editor: Ramadhan Dwi Waluya

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X