3 Artefak dengan Harga Fantastis Milik Indonesia Dikembalikan AS, Apa Saja?

- 22 Juli 2021, 16:15 WIB
Ilustrasi artefak.
Ilustrasi artefak. /MurdorousPass/Pixabay

PR DEPOK – Kini 3 artefak milik Indonesia resmi dikembalikan Pemerintah Amerika Serikat (AS).

3 artefak yang diduga sebagai objek cagar budaya (ODCB) Indonesia dikembalikan AS melalui perwakilan negara tersebut, antara lain,  Jaksa Wilayah New York Cyrus Vance, Jr. kepada Konsul Jenderal RI di New York, Arifi Saiman.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Pikiranrakyat-Depok.com dari Antara, 3 artefak tersebut dikembalikan pemerintah AS pada Rabu 21 Juli 2021.

Baca Juga: Hospital Playlist 2 Masuki Episode 6, Usai Setahun Berlalu, 5 Sekawan Ini Bagikan Kisah Baru Mereka

Konjen RI Arifi dalam keterangannya, Kamis 22 juli 2021 menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada jasa Jaksa New York dan Deputi Agen Khusus Investigasi Keamanan Dalam Negeri AS (HSI) Erik Rosenblatt beserta jajarannya yang berhasil mengupayakan pengembalian 3 artefak tersebut.

Arifi menyebutkan akan selalu mendukung upaya penyelidikan artefak-artefak lain yang diduga diselundupkan dari Indonesia ke AS, guna upaya pengembalian.

Sementara itu, Jaksa Vance menyatakan bahwa kejahatan warisan budaya yang melibatkan penjarahan dan penjualan ilegal artefak kuno merupakan serangan terhadap mata rantai yang tak terpisahkan dari sejarah suatu bangsa hingga saat ini dan masa depan.

Baca Juga: Ari Kuncoro Mundur dari Wakil Komisaris Utama BRI, Fadli Zon Singgung Soal Nama Baik UI yang Tercoreng

“Saya merasa terhormat untuk mengembalikan tiga benda indah ini kembali ke pemiliknya yang sah, rakyat Indonesia. Saya ingin berterima kasih kepada Unit Perdagangan Barang Antik di kantor saya dan mitra kami di Investigasi Keamanan Dalam Negeri atas upaya tanpa henti mereka yang telah menghasilkan hampir 400 harta yang dikembalikan ke 11 negara selama setahun terakhir. Saya menantikan pemulangan lebih lanjut dalam waktu dekat,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Ahlaqul Karima Yawan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X