Jokowi Akui Varian Delta Tak Terprediksi Sebelumnya, Alvin Lie: Akibat Abaikan Masukan Ahli, Tapi Utamakan TKA

- 31 Juli 2021, 18:05 WIB
Anggota Ombudsman RI, Alvin Lie menyoroti soal kian banyak negara menutup gerbang internasionalnya bagi penumpang dari Indonesia.
Anggota Ombudsman RI, Alvin Lie menyoroti soal kian banyak negara menutup gerbang internasionalnya bagi penumpang dari Indonesia. /ANTARA/Lily Rahmawaty.

PR DEPOK - Anggota Ombudsman RI, Alvin Lie baru-baru ini menyoroti pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait varian baru Covid-19 dari India atau Delta.

Dalam keterangannya, Jokowi menyatakan bahwa sebelumnya pemerintah tak memprediksi munculnya varian Delta di Indonesia, hingga menyebabkan angka kasus positif meroket tajam.

Menanggapi hal itu, Alvin Lie berpendapat bahwa hal itu terjadi karena Jokowi kerap kali mengabaikan saran dari para ahli dan masyarakat.

Padahal menurut Alvin Lie, masukan yang diberikan oleh berbagai pihak terkait pandemi merupakan bentuk dari rasa peduli mereka terhadap negara.

Baca Juga: Tanggapi Data Kependudukan yang Tidak Beres, Febri Diansyah: Salah Satu Penyebabnya adalah Korupsi

"Inilah akibat abaikan saran publik & masukan ahli yg peduli," ucap Alvin Lie seperti dikutip Pikiranrakyat-Depok.com dari akun Twitter @alvinlie21 pada Sabtu, 31 Juli 2021.

Kemudian, Alvin Lie juga mengungkapkan pemerintah bisa kecolongan dengan adanya varian Delta karena terlalu mengutamakan para tenaga kerja asing (TKA) dan pariwisata.

Hal tersebut, menurutnya akhirnya membuat pemerintah malah enggan menutup pintu gerbang masuk internasional.

"Lebih utamakan TKA & Pariwisata. Ogah menutup gerbang internasional," ucapnya menambahkan.

Halaman:

Editor: Wulandari Noor


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X