Disinformasi Minum Alkohol Dapat Musnahkan Virus Corona

- 12 Februari 2020, 16:28 WIB
Alkohol menjadi salah satu minuman yang dapat merusak kerja otak.*

PIKIRAN RAKYAT - Beredar sebuah unggahan di media sosial Twitter yang mengatakan bahwa meminum alkohol dapat memusnahkan virus corona. Ternyata hal ini merupakan sebuah disinformasi.

Hal ini diungkap oleh Tim Jabar Saber Hoaks pada Rabu, 12 Februari 2020 memantau beberapa informasi-informasi terkait virus corona.

Dikutip oleh Pikiranrakyat-depok.com dari akun Instagram milik pemerintah provinsi Jawa Barat, @jabarsaberhoaks memberikan penjelasan mengenai informasi tentang meminum alkohol dapat memusnahkan virus corona.

Baca Juga: Pemkot Depok Atasi Tawuran Pelajar dengan Pendekatan Agama, Pengamat Sosial UI: Permasalahan Utama Justru Sistem Pendidikan

"Pakar Penyakit Dalam dari Rumah Sakit Universitas Indonesia, Dr. dr. Sukamto Sp.PD, KAI menjelaskan apakah betul bahwa mengkonsumi alkohol dapat mengobati virus corona, jawabannya jelas tidak," tulis pengelola akun @jabarsaberhoaks.

Bukan malah bisa memusnahkan virus corona, menurut Dokter Sukamto, orang yang sudah kecanduan alkohol pada dosis tertentu dapat menyebabkan kerusakan pada liver.

"Ia melanjutkan, yang dapat mencegah penularan virus corona itu yang paling penting adalah daya tahan tubuh bukan malah diasupi dengan alkohol yang justru membuat tubuh rentan menghadapi virus. Maka yang dibutuhkan adalah nutrisi pola makan yang seimbang dan istirahat yang cukup," sambung pengelola akun @jabarsaberhoaks.

Baca Juga: WHO Resmi Ganti Nama Virus Corona Menjadi COVID-19

Adapun unggahan yang memberikan informasi bahwa alkohol dapat membunuh virus corona tersebut diunggah pada 27 Januari 2020.

"Alcohol dapat menyebuhkan virus corona, demi kesehatan banyakin minum alcohol. Rekomendasi Alcohol Yang Murah Dan Nikmat Orang Tua Dan Intisari," terang akun yang disamarkan oleh Jabar Saber Hoaks.

Halaman:

Editor: Billy Mulya Putra


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X