Proyek Sodetan Baru Setengah Jalan, Balai Sungai Ciliwung Masih Tunggu Keputusan Anies Baswedan

- 25 Februari 2020, 12:51 WIB
KALI Bekasi yang akan dinormalisasi Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane.*

PIKIRAN RAKYAT - Dalam seminggu ke belakang bahkan beberapa bulan terakhir, banjir kerap terjadi di beberapa wilayah Jakarta. Masyarakat pun mengeluhkan kepada pemerintah akan hal tersebut. Terdapat beberapa titik sungai yang sering meluap jika terjadi hujan deras.

Pemerintah pun tidak tinggal diam untuk mengatasi masalah banjir ini. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan merencanakan proyek sodetan Sungai Ciliwung, yang diyakini dapat mengurangi banjir akibat luapan Sungai tersebut.

Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) hingga kini masih menunggu keputusan dari gubernur terkait proyek tersebut.

Pemberhentian tersebut karena masih menunggu penentuan dari Gubernur terkait penentuan lokasi pembebasan lahan untuk melanjutkan proyek sodetan Sungai Ciliwung.

Baca Juga: Banjir Jakarta Turut Genangi Jalur Rel, Berikut Rekayasa Operasi KRL 

"Menunggu penentuan lokasi dari Pak Gubernur untuk penerapan lokasi, lahan yang akan dibebaskan," kata Kepala BBWSCC, Bambang Hidayah yang dikutip Pikiranrakyat-depok.com dari Antara.

Proyek hingga kini baru dikerjakan 600 meter dari total perencanaan 1.260 meter.

"Masih 660 meter lagi belum diselesaikan," ujarnya.

Ada beberapa wilayah yang menjadi kendala dalam proyek ini yakni di daerah Bidara Cina, Kampung Melayu, Jakarta Timur. Secara total, Pemprov DKI Jakarta seharusnya melakukan pembebasan lahan 13 ribu meter persegi.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk merampungkan pembangunan sodetan Sungai Ciliwung ke Kanal Banjir Timur (KBT) sebelum akhir tahun 2020.

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: Antara


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X