Logistik Tentukan Kalah-Menang Saat Perang, Bagaimana Saat PSBB karena Corona?

- 10 April 2020, 11:28 WIB
ILUSTRASI logistik.*

PIKIRAN RAKYAT - Dalam perang, logistik akan menentukan kekalahan atau kemenangan.

Dalam banyak cerita fiksi, cerita pendek, dan novel tentang pertempuran, tergambar betapa besar peran logistik. Pun demikian dalam film dan pertunjukkan seni mengenai peperangan.

Dalam dunia nyata, sejarah mencatat bahwa pertempuran sengit terjadi antara pasukan Mataram pimpinan Sultan Agung ketika melawan pasukan Belanda di Batavia pada Abad ke-17.

Tak ada yang meragukan kekuatan 10.000 pasukan dari Mataram ketika itu. Namun, nasib berkata lain ketika stok dan pasokan logistik justru menjadi titik lemah daya juang.

Baca Juga: Viral Video Makhluk Hitam Mirip Venom, Warganet Curigai Symbiote Alien

Bahkan dalam fase perjuangan kedua, 14.000 ribu pasukan Mataram harus menghadapi kendala serius hanya karena pasokan logistik. Padahal, sudah didukung lumbung pangan di Karawang dan Cirebon.

Dari catatan sejarah itu terbukti betapa besar peran logistik dalam peperangan. Logistik yang memadai adalah sumber awal kemenangan dalam pertempuran.

Terminologi perang

Kini ratusan negara di dunia sedang berjuang melawan virus corona. Perang melawan virus corona membahana di berbagai negara. Presiden Tiongkok Xi Jinping telah menyatakannya saat virus itu menyerang.

Halaman:

Editor: Yusuf Wijanarko

Sumber: Antara


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X