Bukan Hanya Soal Corona, Indonesia Telah Dihantui 1.300 Bencana Sejak Awal 2020

- 1 Juni 2020, 16:17 WIB
ILUSTRASI. Salah satu fenomena hidrometeorologi, bencana banjir yang mendominasi bencana di Indonesia.*

PIKIRAN RAKYAT - Tidak hanya soal permasalahan pandemi virus corona yang dikategorikan sebagai bencana nonalam, Indonesia pun juga masih dihantui bencana alam yang terjadi di sejumlah daerah di Indonesia yang memang tidak bisa diprediksi kedatangannya.

Bencana yang melanda, dapat mengakibatkan kerugian baik secara moril maupun material.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), ada lebih dari 1.300 bencana telah melanda Indonesia sejak Januari hingga akhir Mei 2020.

Baca Juga: Pasangan Lansia di Inggris Diserang Kawanan Sapi, Nyawa sang Suami Tidak Dapat Diselamatkan 

Dikutip Pikiranrakyat-depok.com dari situs BNPB, fenomena hidrometeorologi telah mendominasi kejadian bencana hingga akhir Mei 2020 itu. Bencana tersebut antara lain banjir, longsor, dan puting beliung.

Menurut Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati, kejadian berupa banjir masih mendominasi dibandingkan jenis bencana hidrometerologi lainnya.

"Banjir biasanya salah satunya dipicu oleh intensitas hujan yang tinggi. Data BNPB hingga hari ini mencatat kejadian banjir sebanyak 532 kali. Banjir juga berdampak paling tinggi terhadap kerugian, baik korban jiwa dan kerusakan material," kata Raditya.

Baca Juga: Pemerintah Dituding Buru-buru Terapkan New Normal demi Ekonomi, Sri Mulyani Buka Suara 

Sepanjang Januari hingga Mei 2020, total korban meninggal akibat banjir berjumlah 128 jiwa, luka-luka 119 orang, dan hilang tujuh orang.

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: BNPB


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X