PSBB DKI Jakarta Resmi Diperpanjang Hingga Akhir Juni, Namun Warga Boleh Berkegiatan di Luar Rumah

- 4 Juni 2020, 13:20 WIB
GUBERNUR DKI Jakarta, Anies Baswedan memperpanjang PSBB di DKI Jakarta dengan konsep PSBL.*

PR DEPOK - Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta memasuki fase keempat dan akan diperpanjang hingga Juni, Fase ini merupakan masa transisi di Jakarta menuju kondisi yang lebih sehat. Hal tersebut diputuskan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Maka itu, kami memutuskan memperpanjang PSBB di Jakarta hingga Juni. Sekaligus masuk masa transisi," kata Anies Baswedan dalam konferensi pers di Balai Kota Jakarta pada Kamis, 4 Juni 2020 yang dikutip Pikiranrakyat-depok.com dari RRI.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan jajarannya mengacu kepada indikator pelonggaran pembatasan sosial yang disusun oleh FKM UI yang terdiri dari 3 indikator yakni epidemiologi, kesehatan publik, dan fasilitas kesehatan.

Baca Juga: Hasil Autopsi: George Floyd Dinyatakan Positif Virus Corona 

"Pembatasan sosial baru bisa dilonggarkan apabila angkanya di atas 70 (indikator pelonggaran pembatasan sosial). Selama Maret sampai pertengahan Mei di bawah 70 (merah). Alhamdulillah dalam 2 minggu terakhir angkanya hijau," ujar Anies Baswedan.

Indikator epidemiologi yang terdiri dari tren PDP, tren positif, dan tren kematian di mana DKI Jakarta menunjukkan skor 75. Di Indikator kesehatan publik yang terdiri dari tren jumlah tes PCR dan proporsi di rumah baik di desa maupun perkotaan dengan skor 70.

Sementara untuk indikator terakhir, di fasilitas kesehatan yang terdiri dari jumlah ventilator dan jumlah APD, skornya 100. Total skor untuk indikator pelonggaran pembatasan sosial yakni 76 dari total 100.

Artinya pembatasan sosial dapat dilonggarkan secara bertahap namun tetap waspada jika ada lonjakan kasus.

Baca Juga: Ibu dari Anak George Floyd Berlinang Air Mata Tuntut Keadilan 

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: RRI


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X