Sejarah Hari Batik Nasional yang Diperingati Tiap 2 Oktober, Berikut Asal-Usul Batik Indonesia

- 1 Oktober 2022, 06:33 WIB
Simak asal-usul dari batik Indonesia untuk memperingati Hari Batik Nasional pada tanggal 2 Oktober 2022.
Simak asal-usul dari batik Indonesia untuk memperingati Hari Batik Nasional pada tanggal 2 Oktober 2022. /Pixabay/DEZALB/

PR DEPOK - Tahukah Anda bahwa setiap tanggal 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional?

Jika belum, simak informasi mengenai sejarah Hari Batik Nasional yang diperingati setiap 2 Oktober berikut asal-usul batik Indonesia.

Sudah bukan rahasia lagi jika batik merupakan warisan budaya Indonesia yang ketenarannya sudah dikenal sampai ke mancanegara.

Oleh sebab itu, sudah sepatutnya warga Indonesia bangga dengan batik sekaligus mengetahui sejarah Hari Batik Nasional berikutnya asal-usulnya.

Baca Juga: Luis Milla Klaim Persiapan Persib Bandung Kontra Persija Jakarta Lancar, tapi...

Dilansir PikiranRakyat-Depok-com dari laman Kemdikbud, Hari Batik Nasional merupakan hari perayaan Indonesia untuk memperingati ditetapkannya batik sebagai warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity).

Batik awalnya didaftarkan untuk mendapat intangible cultural heritage di UNESCO pada 4 September 2008.

Namun, batik baru diterima secara oleh UNESCO pada 9 Januari 2008 di era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Kemudian pada 2 Oktober 2009, batik secara resmi dikukuhkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi usai sidang ke-4 UNESCO di Abu Dhabi pada 2 Oktober 2009.

Halaman:

Editor: Linda Agnesia

Sumber: Kemdikbud


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x